Share

Konflik Laut China Selatan, Australia Dipaksa Pilih AS atau China

Silviana Dharma , Okezone · Kamis 01 September 2016 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 01 18 1478404 konflik-laut-china-selatan-australia-dipaksa-pilih-as-atau-china-nNruvlD7QQ.png Australia disuruh pilih antara AS atau China. (Foto: ACYD)
A A A

CANBERRA – Wakil Kepala Militer Angkatan Darat Amerika Serikat, Staf Kolonel Tom Hanson menyatakan, Australia harus segera membuat keputusan penting menyangkut sengketa di Laut China Selatan. Menurutnya, Negeri Koala harus memilih salah satu, yakni tetap setia bersekutu dengan AS atau mendukung China.

“Memang sulit untuk menyeimbangkan antara tetap bersekutu dengan Amerika Serikat atau menjaga kerjasama ekonomi dengan China. Tetapi Australia tetap harus menentukan pilihan, mana yang lebih genting untuk kepentingan nasionalnya,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (1/9/2016).

Persyaratan ini disampaikan Hanson menyusul dipublikasikannya sebuah buku kecil dari parlemen. Isinya memperingatkan para pembuat kebijakan di Australia untuk mewaspadai ancaman adanya motif tersembunyi China di Laut China Selatan.

“Jelas sekali di sini, China yakin kalau mereka memiliki peluang dan merasa mampu memandang rendah hukum pelayaran internasional. Kami akan terbuka (jika pernyataan ini) didemo oleh warga Australia,” tukas Hanson.

Australia dan AS selama ini memang terkenal dekat dan saling mendukung terkait sengketa di LCS. Bahkan Negeri Kanguru sempat ikut melakukan patroli udara di atas perairan tersebut. Aksi ini menuai kritik keras dari China karena dianggap sebagai bagian dari pengintaian di wilayah yang diklaim sebagai kedaulatannya.

Di sisi lain, Negeri Tirai Bambu merupakan mitra dagang dan investasi luar negeri terbesar bagi Australia. Transaksi investasinya mencapai USD11 miliar atau Rp146,2 triliun per 2015.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini