Share

RI Harus Tiru China Kembangkan Perusahaan Minyak ke Luar Negeri

Raisa Adila , Okezone · Minggu 25 September 2016 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 25 320 1498265 ri-harus-tiru-china-kembangkan-perusahaan-minyak-ke-luar-negeri-BhPazspRKx.jpg Ilustrasi : Reuters
A A A

JAKARTA - Indonesia disebut dapat meniru negara China (Tiongkok) dalam mengembangkan perusahaan minyak nasionalnya (National Oil Company/NOC) ekspansi ke luar negeri. Pasalnya, negara tersebut terbilang sukses melakukan ekspansi.

Direktur Eksekutif IESR Fabby Tumiwa mengatakan, upaya melakukan pengembangan NOC didorong oleh dua hal. Hal tersebut yaitu ketersediaan energi di luar negeri dan misi memperluas kerjasama ekonomi lain.

"Jadi migas bisnis yang padat modal, padat teknologi. Ekspansi bisa membantu kerjasama ekonomi untuk bidang lain," ungkap Fabby di Hall Gedung Dewan Pers Jakarta, Minggu (25/9/2016).

Dia mencontohkan, China yang mampu melakukan ekspansi keluar negeri untuk bisnis migas dan juga membawa serta bisnis lainnya untuk mendukung migas tersebut.

"Contoh perusaaan minyak China mereka ekspansi migasnya membawa serta penyediaan jasa teknologi dan jasa keuangan untuk membiayai pekerjaan itu," ungkap dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini