Share

Keseruan Berwisata Lava Tour Merapi Yogyakarta dengan Mobil Jeep

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 25 September 2016 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 25 406 1498169 keseruan-berwisata-lava-tour-merapi-yogyakarta-dengan-mobil-jeep-XKBa1UlM2c.jpg Lava Tour Merapi (Foto: Okezone)

Sebagai gunung teraktif di dunia, Merapi sempat jadi perbincangan hangat ketika meletus pada 2010 lalu.

Banyak harta yang hilang dari masyarakat Yogyakarta tapi setelah letusannya usai, banyak juga yang akhirnya bisa jadi destinasi wisata.

Semburan lava panas dan abu vulkanik yang melintas desa sekitar Merapi meluluh lantahkan apa saja yang dilewatinya mulai dari rumah, harta benda, sawah hingga hewan ternak.

Tapi, memang benar setelah kesulitan pasti ada kemudahan, buktinya sisa letusan Merapi kini dimanfaatkan warga sebagai salah satu destinasi yang kini jadi favorit wisatawan.

Paket tur bernama Merapi Lava Tour ini membawa pengunjung melihat betapa dahsyatnya letusan merapi.

Abu vulkanik dan material gunung yang menghancurkan perkampungan penduduk kini terlihat eksotis. Tumpukan pasir dan jalan berbatu menawarkan sensai dan pemandangan tersendiri.

Untuk menikmati tur ini pengunjung bisa memilih beberapa paket, Okezone mencoba menikmati paket short dengan durasi 1 hingga 1,5 jam dan mendatangi tiga tujuan yakni Museum Sisa Hartaku, Bunker Merapi dan Batu Alien.

Paket short ini dibanderol dengan harga Rp 350 ribu untuk empat orang pengunjung. Harga tersebut sudah termasuk penyewaan jeep, supir sekaligus guide, parkir, retribusi serta asuransi. Karena jalur yang curam dan berbatu, hanya mobil jeep lah yang bisa melewatinya.

Dalam perjalanan menuju destinasi wisata ini, adrenalin akan sedikit dipacu. Jalan yang berbatu membuat tubuh seolah digoncangkan ke kanan ke kiri lalu depan kemudian belakang. Agak menakutkan tapi seru.

Belum lagi jika melintasi kubangan berisi air, supir akan menginjak gas lebih dalam sehingga membuat air muncrat ke kanan dan kiri, hati-hati dengan pakaian Anda karena tak jarang air mengenai pakaian atau bahkan wajah. Okezone sarankan untuk jangan melepas pegangan jika tidak ingin ikut terpelanting.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk tiba di tujuan. Perjalanan yang cukup ekstrem membuat pengunjung lebih merasakan sensasi wisata alam yang sebenarnya.

Tidak hanya wisatawan lokal yang tertarik dengan wisata Merapi ini, banyak wisatawan mancanegara yang juga menikmati serunya berpetualang.

Seperti yang dirasakan turis Tiongkok, Australia, Jepang dan Korea, peserta Forum East Asia - Latin America Cooperation (FEALAC) yang berkunjung dalam event Journalist visit Jakarta-Jogja-Bali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini