Share

100 Rudal BrahMos India Buat China Ketar-ketir

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Senin 26 September 2016 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 26 18 1498777 100-rudal-brahmos-india-buat-china-ketar-ketir-wFs3aaDdvY.jpg India mengerahkan 100 rudal supersonik BrahMos ke perbatasan dengan China (Foto: Kamal Kishore/Reuters)
A A A

NEW DELHI – Militer India menyebar 100 rudal supersonik BrahMos dan lima peluncur rudal di Negara Bagian Arunachal Pradesh yang berbatasan langsung dengan China, bahkan dalam jarak yang terlalu dekat dengan perbatasan. Aksi New Delhi itu disebut membuat Beijing ketar-ketir.

Penyebaran persenjataan tersebut diduga dilakukan India setelah China setuju untuk mendukung sekutu lamanya, Pakistan. Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) langsung menyatakan pengerahan rudal tersebut sebagai ancaman dan dapat meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

“Rudal BrahMos dengan kemampuan terbaru sebagai senjata siluman dapat mengancam Provinsi Yunnan dan Daerah Otonomi Khusus Tibet, yang berada di seberang perbatasan dengan Arunachal Pradesh,” bunyi pernyataan PLA, seperti dimuat Sputniknews, Senin (26/9/2016).

Langkah India itu dinilai PLA terlalu berlebihan dalam mempertahankan diri. Negeri Bollywood disebut tengah memainkan trik serta harus siap menanggung akibatnya. China pantas ketar-ketir karena rudal BrahMos kini dapat mencapai jarak terbang 290 kilometer (km). Namun, kemampuannya untuk tidak terdeteksi radarlah yang menjadi kekhawatiran Negeri Tirai Bambu.

Rudal canggih itu dikembangkan oleh India dengan bantuan Rusia yang notabene adalah sekutu China. Rudal tersebut dapat terbang dengan kecepatan maksimum 3.400 km per jam. Namun, varian terbaru BrahMos dapat terbang hampir dua kali kecepatan cahaya. Varian terbaru tersebut baru diharapkan selesai pada lima-tujuh tahun ke depan dengan jarak yang lebih jauh.

Rudal BrahMos dapat meningkatkan kemampuan India dalam peperangan di wilayah pegunungan karena dirancang dapat menyerang target yang bersembunyi. Belum ada rencana balasan dari China mengenai aksi tetangganya itu. China dan India sejak lama terlibat sengketa wilayah di perbatasan, terutama mengenai posisi Tibet.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini