Share

BPJS Kesehatan Defisit Rp10 Triliun, Pemerintah Gelar Rapat Terbatas

Dedy Afrianto , Okezone · Senin 26 September 2016 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 26 320 1498550 bpjs-kesehatan-defisit-rp10-triliun-pemerintah-gelar-rapat-terbatas-dOgKI9tzq2.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini menggelar rapat terbatas untuk membahas mengenai defisit BPJS Kesehatan. Rapat ini dijadwalkan akan dilakukan bersama Menteri Kesehatan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek.

Rapat sendiri diagendakan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Namun, pantauan Okezone, Senin (26/9/2016), hingga berita ini diturunkan rapat belum dimulai. Undangan rapat dari sejumlah perwakilan dari Kementerian atau Lembaga dan perwakilan dari BPJS Kesehatan masih berdatangan hingga saat ini. Awak media pun masih menunggu hasil dari rapat tertutup ini.

Seperti diketahui, sebelumnya Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Budi Hidayat mengatakan, sepanjang tahun 2016 diperkirakan BPJS Kesehatan akan mengalami defisit senilai Rp10 triliun.

Jumlah ini lebih besar dua kali lipat dibanding tahun lalu yang mencapai Rp5 triliun. Hal ini disebabkan besarnya klaim kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat pada berbagai kelas.

Untuk itu, salah satu upaya yang harus segera dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mempersempit gap antara kelas-kelas rumah sakit, termasuk gap antara rumah sakit swasta dan rumah sakit pemerintah.

Sebab, tingginya gap inilah yang menyebabkan masyarakat lebih memilih memanfaatkan fasilitas di rumah sakit pemerintah dibandingkan dengan rumah sakit swasta.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini