Share

DEBAT CAPRES AS: Desakan Trump Buat Obama Beberkan Akta Lahir

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Selasa 27 September 2016 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 18 1499484 debat-capres-as-desakan-trump-buat-obama-beberkan-akta-lahir-iVVWktn3JL.jpg Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump dalam Debat Capres AS 2016 putaran pertama di Hofstra University. (Foto: Reuters)
A A A

NEW YORK - Dalam debat capes AS 2016 putaran pertama di Hofstra University, New York, capres AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton menuduh rivalnya dari Partai Republik Donald Trump sebagai orang rasis. Salah satu penyebabnya, Trump menyebut Presiden Barack Obama bukan warga negara AS karena ia keturunan Afrika Amerika.

"Ini menyakitkan. Saya katakan pada Anda, Presiden Barack Obama adalah orang paling berintegritas pada negaranya. Dan tuduhan ini amat mengganggu Obama," ujar Hillary dalam Debat Capres AS, Senin 26 September waktu New York atau Selasa (27/9/2016) waktu Indonesia.

Moderator Debat Capres AS 2016, Lester Holt juga menekan Trump. Menurut Lester, Trump telah membuat klaim palsu selama lima tahun dengan mengatakan Obama lahir di luar Amerika.

Pekan lalu, Trump menyalahkan kampanye Hillary pada 2008 yang pertama kali menyampaikan klaim tersebut. Padahal, kata Trump, tidak ada bukti bahwa hal tersebut benar.

Ketika ditanya Holt mengapa Trump terus mempermasalahkan akta kelahiran Presiden Barack Obama bertahun-tahun setelah dirilis Gedung Putih pada 2011, Trump mengambil kredit atas hal tersebut. Trump juga menyebut, Hillary tidak bisa melakukan apa-apa.

"Saya rasa saya melakukan pekerjaan dan pelayanan yang baik terkait masalah ini," tegas Trump.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini