Share

Pilot Termuda di Dunia Ada di London

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 27 September 2016 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 406 1500090 pilot-termuda-di-dunia-ada-di-london-Q5AsKqa8bP.jpg Pilot termuda ada di London (Foto: Foxnews)

TIDAK sedikit pilot muda yang menjalankan tugasnya dalam menerbangkan pesawat. Tetapi pilot pesawat komersial ada di Inggris.

Namanya Kate McWilliams. Saat ini ia berusia 26 tahun dan bekerja secara profesional di maskapai yang berbasis di London, EasyJet.

Kate bergabung dengan EasyJet saat usianya masih 21 tahun dan mendapatkan posisi sebagai perwira pertama. Kepada Press Association, Kate mengatakan dirinya tidak begitu memikirkan tentang usianya.

"Saya sudah melalui pelatihan yang sama dan kursus perintah yang sama seperti kapten lainnya jadi saya sudah membuktikan kemampuan diri saya sendiri tanpa memandang usia saya," tutur Kate dikutip Foxnews, Rabu (28/9/2016).

EasyJet percaya Kate tidak hanya mematahkan rekor sebagai pilot komersial termuda, tetapi juga pilot wanita termuda di dalam industri yang didominasi laki-laki.

Dari 130.000 pilot di dunia, hanya 450 di antaranya yang merupakan pilot wanita, menurut International Society of Women Airline Pilots.

EasyJet menambahkan, hanya 5 persen dari total pilot di dunia adalah wanita. Maskapai ini juga berharap bisa membawa banyak wanita ke dalam industri penerbangan melalui program untuk menaikkan pilot perempuan menjadi 12 persen dalam dua tahun.

"Saya akan mendorong perempuan untuk tertarik dalam penerbangan untuk berpikir tentang mengejar karier sebagai pilot, dan setiap pilot yang ada untuk mendorong diri mereka sendiri menjadi kapten," terang Kate.

Kate pertama kali terbang saat usianya 13 tahun. Kemudian pada saat usianya 19 tahun, ia mulai ikut kursus pelatihan CTC Aviation.

Dua tahun kemudian, Kate menjadi perwira pertama di EasyJet. Lalu pada hari Minggu, 25 September lalu, ia dinobatkan sebagai kapten termuda di dunia dan akan menerbangkan Airbus A319 dan A320 ke sekira 100 destinasi dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini