Share

Hati-Hati, Sindikat Pencuri Mobil Rental Gunakan KTP Palsu

Markus Yuwono , Sindoradio · Selasa 27 September 2016 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 510 1500093 hati-hati-sindikat-pencuri-mobil-rental-gunakan-ktp-palsu-23VScXfXom.jpg Ilustrasi
A A A

YOGYAKARTA - Satreskrim Polres Bantul, Yogyakarta berhasil membongkar sindikat penggelapan mobil rental di Yogyakarta dengan modus menggunakan KTP Palsu.

Dalam kasus tersebut, polisi mengamankan lima orang pelaku. Empat pelaku di antaranya dari Madiun, Jawa Timur. Yakni, Hermanto Ginanjar Jati (26), Ardian Eka Surya Putra (23), Sumarno (26), dan Romahany Nur Achamdi (32), serta satu warga Nganjuk, Jawa Timur M. Kasianto (28).

Kasat Reskrim polres Bantul AKP Anggaito Hadi Prabowo mengungkapkan terbongkarnya kasus ini bermula darikecuriagaan salah seorang pengusaha rental mobil di Wilayah Pleret, Bantul, Petra Aulia (27).

Saat itu, Petra menerima calon pelanggan bernama Ardian Eka, pada Minggu 25 September lalu, namun setelah dicek keaslian KTP ada kejanggalan.

"Setelah mendapatkan laporan kami langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku," ujar Anggaito, saat dihubungi Selasa (27/9/2016).

Polisi lantas memburu pelaku dan mengamankan Ardian di salah satu rumah makan di Jalan Parangtritis bersama satu unit mobil minibus. Saat ditangkap pelaku bersama rekannya Hermanto Ginanjar.

Setelah melakukan pengembangan, ternyata mereka bersama dua orang lainnya M. Kasianto dan Sumarno. Keduanya ditangkap di sebuah hotel di Prawiro Taman. "Dua orang pelaku ditangkap di Hotel Prawirotaman," terangnya.

Dari keterangan para pelaku, mereka mendapatkan KTP palsu dari pengusaha percetakan bernama Rohamany Nur Achamdi warga Madiun. Dari tangan pelaku berhasil diamankan satu unit laptop, mesin pemotong kertas, mesin laminating, kartu keluarga (KK), dan belasan KTP palsu. Serta kartu anggota koperasi dan kartu pegawai toko modern.

Modus yang digunakan menggunakan KTP Palsu dengan nama, alamat dan NIK asli, mereka mengganti dengan foto para pelaku. "Modusnya cukup rapi, menggunakan KTP Asli dan tidak jarang menggunakan KK," katanya.

Anggaito mengatakan, para pelaku berhasil menggelapkan empat buah mobil, sementara polisi berhasil mengamankan sebuah mobil.

Saat ini pihak kepolisian tengah mengembangkan kasus ini. "Kami menghimbau kepada pengusaha rental untuk lebih berhati-hati. KTP palsu bisa dilihat lebih kasar," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini