Share

Basarnas Kerahkan Drone Cari Korban Banjir Bandang Garut

ant , Jurnalis · Selasa 27 September 2016 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 525 1499680 basarnas-kerahkan-drone-cari-korban-banjir-bandang-garut-gKdstw2v6B.jpg ilustrasi (Foto: Antara)
A A A

BANDUNG - Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menggunakan drone atau pesawat tanpa awak untuk memudahkan proses pencarian korban banjir bandang Kabupaten Garut di wilayah Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (27/9/2016).

Humas dan Protokoler Basarnas Bandung, Joshua mengatakan drone tersebut sudah dioperasikan untuk menyusuri kawasan Waduk Jatigede yang disinyalir masih ada korban banjir.

"Drone sudah diterbangkan untuk memantau titik-titik yang mencurigakan," katanya.

Ia menuturkan, drone salah satu alat yang digunakan oleh tim Basarnas untuk proses pencarian korban banjir Garut. Menurut dia menggunakan drone efektif karena dapat menjangkau daerah yang lebih luas maupun sulit.

"Efektif, karena kita mendapatkan visual yang lebih luas dan bisa mendetail ke beberapa bagian di sektor Jatigede," katanya.

Ia mengatakan selain drone, alat pencarian yang diterjunkan yakni tujuh perahu karet, rafting, dan kayak. Personel yang terlibat di Jatigede, lanjut dia, sukarelawan berjumlah 54 orang, TNI 12 orang, unsur Kecamatan Wado empat orang dan masyarakat 20 orang.

"Tim akan berupaya melakukan pencarian, bukan hanya di Jatigede, tapi di titik lainnya juga," katanya.

Hasil pencarian korban banjir sementara menemukan 34 orang meninggal dunia, dan 19 orang dilaporkan hilang.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini