Share

Abu Tipis Keluar dari Kawah Bromo Sejak Dini Hari

Hari Istiawan , Okezone · Rabu 28 September 2016 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 519 1500497 abu-tipis-keluar-dari-kawah-bromo-sejak-dini-hari-yYEkgkCSxT.jpg Foto: Antara
A A A

MALANG - Sejak dini hari tadi, kawah Gunung Bromo mengeluarkan abu vulkanis. Asap putih-kelabu terpantau keluar dari kawah aktif Bromo.

Petugas Pos Pantau Gunung Api (PGA) Bromo, Wahyu Andrean Kusuma menginformasikan, berdasarkan pantauan sejak pukul 00.00-06.00 WIB tadi, asap putih kelabu mengarah ke barat daya.

"Ketinggian antar 50 hingga 200 meter dari puncak kawah," kata Wahyu saat dihubungi Okezone, Rabu (28/9/2016).

Secara visual, kata Wahyu, Gunung Bromo terlihat jelas-berkabut dengan suhu antara 11-12 derajat celcius. Seismik Bromo menunjuk di angka 0,5-4 milimeter dengan dominan 1 milimeter. Status Bromo tetap siaga dan daerah steril wisatawan di radius 2,5 kilometer dari puncak kawah aktif Bromo.

Abu vulkanis Bromo memang menjadi ancaman bagi warga yang bermukim di sekitar Bromo. Sebab, abu yang keluar dari kawah Bromo bisa merusak tanaman pertanian yang menjadi mata pencaharian penduduk di lereng pegunungan Tengger.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini