Share

Pencarian Korban Banjir Bandang Garut Diintensifkan di Jatigede

ant , Jurnalis · Rabu 28 September 2016 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 525 1500503 pencarian-korban-banjir-bandang-garut-diintensifkan-di-jatigede-9YbN7ZRtYp.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
A A A

BANDUNG - Tim gabungan pencarian korban banjir bandang Kabupaten Garut diintensifkan di wilayah Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (28/9/2016).

Humas dan Protokoler Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung, Joshua mengatakan, pencarian di Waduk Jatigede itu karena disinyalir ada warga Garut korban banjir terbawa arus Sungai Cimanuk.

"Daerah pencarian korban diintensifkan di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang," katanya.

Tim gabungan mencari korban banjir bandang itu merupakan hari ke delapan, atau perpanjang waktu dari batas yang ditetapkan proses pencarian selama tujuh hari.

"Hari kedelapan Tim SAR gabungan akan kembali melanjutkan pencarian terhadap para korban yang belum diketemukan," katanya.

Alat yang digunakan tim gabungan terdiri dari delapan unit alat berat, satu unit Excavator Spider milik Basarnas, kemudian alat berat milik Zipur, Bina Marga, TNI dan BBWS Cirebon.

Kendaraan operasional pendukung lainnya seperti truk angkut ATV, truk personel, alat komunikasi dan alat drone atau pesawat tanpa awak.

Hasil pencarian tahap pertama tanggap darurat selama tujuh hari menemukan 34 orang meninggal dunia.

Mereka ditemukan di Kampung Paris, Cimacan dan beberapa titik aliran Sungai Cimanuk, juga di kawasan Waduk Jatigede, Sumedang. Selain korban jiwa ada juga warga korban banjir yang dilaporkan hilang sebanyak 19 orang.

Bencana banjir bandang akibat luapan Sungai Cimanuk itu terjadi, Selasa (20/9) malam, menyebabkan pemukiman penduduk dan fasilitas umum terendam banjir bahkan rusak serta terbawa arus banjir.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini