Share

OJK Sebut Pertumbuhan Industri Keuangan Syariah Masih Menjanjikan

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Kamis 29 September 2016 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 29 320 1501818 ojk-sebut-pertumbuhan-industri-keuangan-syariah-masih-menjanjikan-Vtov7OljwK.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia masih menjanjikan.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal OJK Sarjito mengatakan, peluang bertumbuhnya industri syariah masih terbuka di tengah banyaknya tantangan dan ketidakpastian.

"Saya yakin masa depan industri keuangan syariah menjanjikan. Meskipun demikian, masih banyak tantangan dan ketidakpastian," kata Sarjito di Fairmont Hotel, Kamis. (29/9/2016).

Dia mengatakan, tantangan dan ketidakpastian tersebut antara lain sulitnya mengembangkan bisnis di yurisdiksi yang berbeda karena terbentur regulasi lokal dan juga interpretasi terhadap syariah itu sendiri. Tidak hanya itu, ada juga tantangan lainya seperti lemahnya dan rentannya manajemen dan tata kelola keuangan syariah.

"Terakhir yakni kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki kapasitas memadai dalam keuangan syariah," tambahnya.

Data OJK menyebut, di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia, industri keuangan syariah Indonesia masih menunjukkan kinerja yang members seperti terlihat pada perbankan syariah. Sebagai catatan, market share perbankan syariah terhadap industry perbankan nasional menial 4,60 persen di Juli 2015 menjadi 4,81 person di Juli 2016.

Diperkirakan akan mencapai 5,13 persen apabila memperhitungkan hasil konversi BPD Aceh menjadi Bank Umum Syariah. Sejalan dengan perkambangan share tersebut, terjadi kenaikan aset perbankan syariah sebesar 18,49 persen dari Rp272,6 triliun menjadi Rp305,5 triliun pada Juli 2016 (yoy).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini