Share

Agus Kalah Sama Saja 'Harakiri' Politik Keluarga Cikeas

ant , Jurnalis · Kamis 29 September 2016 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 29 338 1501518 agus-kalah-sama-saja-harakiri-politik-keluarga-cikeas-xvkvLc3l0W.jpg Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Dok. Okezone)
A A A

JAKARTA - Pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan, kepercayaan publik terhadap figur Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga Cikeas bisa menurun bila Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni kalah dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Pasangan calon gubernur Agus Harimurti Yudhoyono dan cawagub Sylviana Murni diusung koalisi Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN.

"Bila Agus sampai kalah dalam Pemilihan Gubernur DKI, maka itu sama saja dengan harakiri (bunuh diri) politik yang dilakukan keluarga Cikeas," kata Karyono di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Direktur Strategi Indo Survey & Strategy itu mengatakan, keputusan SBY mengusung Agus, yang karier militernya di TNI Angkatan Darat (AD) masih cemerlang dengan pangkat Mayor, memang memunculkan banyak pertanyaan.

Menurut Karyono, bila Agus kalah pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, pengaruhnya bisa membawa dampak psikologi politik yang negatif bagi karier politiknya sendiri pada masa depan.

"Namun, bisa saja Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 bukan sasaran utama. Bila kalah sekalipun, nama Agus Harimurti semakin populer," tuturnya.

Sebelumnya, sebanyak tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur sudah mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta untuk bersaing pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar dan Partai Hanura, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini