Share

Sengketa Kashmir, Tentara India Tembak Mati Dua Pasukan Pakistan

Silviana Dharma , Okezone · Jum'at 30 September 2016 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 18 1502507 sengketa-kashmir-tentara-india-tembak-mati-dua-pasukan-pakistan-RPnyJ9G93B.jpg Line of Control, perbatasan antara India dan Pakistan. (Foto: Baaghi.tv)
A A A

KASHMIR – Sengketa kedaulatan wilayah di perbatasan Khasmir kembali menelan korban jiwa. Otoritas Pakistan menyatakan, India telah menembak mati dua pasukannya di perbatasan dengan dalil memberantas terorisme.

Selain itu, sembilan pasukan Islamabad juga terluka akibat serangan mendadak yang dilancarkan tentara New Delhi. Serangan ini lantas membuat geram Pakistan. Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif mengecam penembakan tersebut sebagai serangan yang tidak beralasan dan agresi memalukan dari tentara India.

Menteri Pertahanan Pakistan, Khawaja Muhammad Asif juga memperingatkan bahwa India akan hancur jika gerakan separatis yang didukung secara moral oleh Islamabad mencapai tujuannya untuk mengguncang pemerintahan New Delhi.

“Ketika gerakan kebebasan di Kashmir berhasil mencapai tujuannya, momen itu akan menjadi awal dari kehancuran India,” cetusnya, seperti dilansir dari Morning Star Online, Jumat (30/9/2016).

Di sisi lain, Direktur Operasi Militer India, Letnan Jenderal Ranbir Singh berpendapat, korban jiwa yang berjatuhan di kubu Pakistan adalah buah dari aksi terorisme mereka sendiri. Kalaupun ada pihak yang dirugikan di sini, itu adalah para militan tersebut dan pendukung-pendukungnya di balik layar.

Singh menjelaskan, insiden di perbatasan Kashmir tersebut telah dibicarakan dengan Direktur Operasi Militer di Pakistan. Dia memastikan, operasi militer India telah berakhir dan tidak akan berlanjut.

Pejabat tinggi di India yang menolak disebutkan namanya mengungkap, tentara mereka sebenarnya sudah melewati batas Line of Control di Kashmir. Berdasarkan informasi intelijen, memang ada beberapa target yang sudah direncanakan untuk diserang di kawasan Pakistan.

Ketegangan hubungan antara India dan Pakistan memang tengah meningkat sebulan terakhir ini. Sebelumnya, kelompok separatis juga melanggar perbatasan dan melancarkan serangan ke pangkalan militer India dan menewaskan 18 tentaranya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini