Share

Tax Amnesty Sukses, Menkeu Yakin Penerimaan Pajak Tercapai

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Jum'at 30 September 2016 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 20 1503367 tax-amnesty-sukses-menkeu-yakin-penerimaan-pajak-tercapai-PfXrq9cx5c.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku terus optimistis terhadap penerimaan pajak hingga akhir tahun ini yang sebesar Rp1.320 triliun akan tercapai.

Sebab, hingga September ini, jumlah total harta maupun uang tebusan dari program pengampunan pajak alias tax amnesty telah melampaui target yang telah diperkirakan sebelumnya

"Bulan September ini karena tax amnesty peningkatan penerimaan pajak sudah besar jadi Insya Allah kita akan bisa mencapai itu," ucapnya di Kantor DJP Pusat, Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Selain mayoritas disumbangkan dari tax amnesty, juga diharapkan adanya kontribusi dari cukai yang juga akan meningkat selama tiga bulan terakhir. Bahkan, Sri melihat dari kalangan pengusaha pun masih banyak potensi untuk ikut tax amnesty.

"Dari pengusahanya masih banyak potensi juga dari WP orang pribadi, kalau badan juga masih banyak," tuturnya.

Sekedar informasi, angka uang tebusan yang tercatat hingga pagi tadi pukul 08.45 WIB, telah mencapai Rp79,8 triliun atau sudah mencapai 51,64 persen dari target yang ditetapkan pemerintah yakni Rp165 triliun.

Angka tersebut didominasi oleh uang tebusan dari wajib pajak (WP) orang pribadi non-UMKM sebesar Rp69,1 triliun. Kemudian disusul oleh badan non-UMKM Rp8,11 triliun, dan WP orang pribadi UMKM Rp2,36 triliun.

Sementara itu, total jumlah harta yang dilaporkan atau deklarasi mencapai Rp3.198 triliun. Dengan komposisi terbesar bersumber dari deklarasi dalam negeri yakni Rp2.179 triliun dan deklarasi luar negeri Rp888 triliun.

Kemudian, komposisi harta yang direpatriasi sebesar Rp131 triliun, yang masih jauh dari target pemerintah sebesar Rp1.000 triliun sampai 31 Maret 2017. Sedangkan realisasi uang tebusan yang sudah dibayar ke bank berdasarkan SSP (Surat Setoran Pajak) yang masuk, telah mencapai Rp 93,5 triliun. (dng)

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini