Share

Tergiur Harta Melimpah, Alasan Pengikut Tertipu Taat Pribadi

Putera Negara , Okezone · Jum'at 30 September 2016 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 337 1502433 tergiur-harta-melimpah-alasan-pengikut-tertipu-taat-pribadi-E0EP5N2vrW.jpg Dimas Kanjeng Taat Pribadi (Foto: Ist)
A A A

JAKARTA – Percaya dengan kemampuan Dimas Kanjeng Taat Pribadi dapat melipatgandakan uang membuat banyak orang tertipu. Bahkan, salah seorang warga Pangandaran rela menjual kebun dan sawahnya untuk diserahkan ke Dimas Kanjeng guna dilipatgandakan.

"Motivasi utamanya adalah untuk memperoleh materi. Mereka memaknai tujuan hidup sebagai pemenuhan materi. Mereka mempertaruhkan berbagai hal (uang, harta benda, keluarga, waktu) untuk secara cepat melipatgandakan materi yang mereka miliki dalam waktu singkat," kata pengamat sosial, Sigit Rochadi saat berbincang dengan Okezone, Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Menurutnya, hal ini terjadi karena kompetisi dalam hidup dan ingin memenangkan kompetisi dengan cara yang nonrasional. Jadi, ia melanjutkan, mereka ingin dikenal sebagai orang yang berhasil dan bermula melalui materi, kemudian status, serta mencari popularitas.

"Jadi tindakan yang nonrasional itu mereka lakukan dalam rangka mengejar materi, status, dan popularitas," ujarnya.

Dosen Universitas Nasional ini menambahkan, tindakan tersebut dilakukan banyak orang, apalagi mereka yang sedang naik daun. Dalam rangka mempertahankan statusnya itu, mereka rela melakukan apa pun.

Cara ini berlaku juga untuk mereka yang ingin naik pangkat dan naik jabatan dengan menggunakan cara-cara nonrasional. Hal ini, baginya, adalah kurangnya penguatan karakter dan akhlak seseorang.

"Ada yang keliru dalam pendidikan di negeri kita. Pembangunan dimaknai sebagai penambahan materi dan sarana. Orang secara sadar atau tidak terus-menerus mengejar materi dan penambahan sarana (rumah, motor, mobil, apartemen), tetapi kurang membekali karakter dan akhlak," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini