Share

Tak Dapat Pengesahan, Pendaftaran Calon Bupati Buton Rusuh

ant , Jurnalis · Jum'at 30 September 2016 06:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 340 1502431 tak-dapat-pengesahan-pendaftaran-calon-bupati-buton-rusuh-OagxySmdAO.jpg
A A A

BUTON - Pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Buton pasangan Hamin-Farid Bachmid di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara di Pasarwajo, Kamis 29 September 2016 berlangsung rusuh.

Ribuan massa pendukung pasangan calon Hamin-Farid melempari Kantor KPU setelah Ketua KPU, Alimuddin Sikuru bersama empat komisioner KPU tak segera memutuskan apakah pasangan tersebut ditolak atau diterima.

Melihat massa yang mulai berusaha merangsek masuk Kantor KPU, petugas keamanan segera mengeluarkan beberapa kali tembakan peringatan. Pada saat yang sama petugas juga mengevakuasi lima anggota KPU keluar kantor tanpa mengambil keputusan apapun.

"Kalau mau aman, anggota KPU harus segera memutuskan apakah H Hamin diterima atau ditolak. H Hamin diterima, KPU aman,” teriak beberapa masa pendukung pasangan Hamin/Farid.

Lima anggota KPU Buton tidak berani mengambil keputusan karena salah satu rekomendasi dukungan partai politik, yakni PKPI ditandatangani Ketua Umum dan Wakil Sekjen.

Menurut tim sukses Hamin-Farid, Yasmin rekomendasi PKPI ditandatangani Ketua Umum dan Wakil Sekjen karena Sekjen PKPI sudah dipecat dari kepengurusan partai.

"Kami ikut menyertakan surat pemecatan Sekjen PKPI dalam rekomendasi dukungan PKPI," kata Yasmin.

Pantauan di Kantor KPU, sejumlah kaca jendela kantor pecah akibat lemparan batu dari masa pendukung Hamin-Farid.

Setelah anggota KPU dievakuasi, massa kemudian menduduki Kantor KPU dan bermalam di kantor tersebut.

"Kami akan terus menduduki kantor KPU hingga anggota KPU mengambil keputusan menolak atau menerima pasangan Hamin-Farid," kata salah seorang massa yang bermalam di Kantor KPU Buton.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini