Share

Makanan Pahit Terbaik untuk Jaga Fungsi Hati

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2016 05:00 WIB
$detail['images_title']
Sawi bantu jaga kesehatan liver (Foto: Cookthing)

KESEHATAN fungsi hati atau liver kita sangat ditentukan oleh gaya hidup, termasuk dari apa yang kita makan. Makanan seimbang dan makanan yang membantu pembuangan racun, penting untuk menjaga fungsi hati.

Makanan dengan antioksidan tinggi akan sangat bermanfaat dalam melawan stres dan polutan yang dapat mengendap dan melemahkan hati. Makanan anti oksidan, dikutip dari Draxe, salah satunya adalah makanan alami yang memiliki rasa pahit.

Rasa pahit dalam makanan merupakan tanda bahwa di dalamnya terdapat enzim yang berfungsi memelihara hati, juga organ-organ pencernaan lainnya seperti limpa dan kandung empedu. Makanan pahit juga mengandung mineral penting dapat menjaga keseimbangan cairan dan mengurangi logam berat dalam darah.

Makanan berprobiotik (seperti kombucha, kefir, sayuran budidaya) ditambah sayuran hijau pahit (sawi, sawi putih, arugula, dandelion, dan lainnya) sarat dengan nutrisi dan probiotik. Pahitnya sayuran hijau, seperti sawi atau lobak dapat meningkatkan kadar glutathione.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)