Share

Stasiun Kereta Tersibuk di Dunia

Silviana Dharma , Okezone · Sabtu 01 Oktober 2016 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 01 18 1503534 stasiun-kereta-tersibuk-di-dunia-SM5jIVjzER.jpg Ilustrasi. Kereta api tersibuk di dunia. (berbagai sumber)
A A A

STASIUN kereta tersibuk kelima di New Jersey, Hoboken, ambruk setelah sebuah kereta jurusan New York City kehilangan kendali dan menabrak pembatasnya. Sedikitnya 112 orang terluka dan seorang perempuan berdarah Brasil tewas dalam kecelakaan kereta pada Kamis 29 September pukul 08.38 waktu Amerika Serikat.

Penyelidikan masih berlangsung untuk mencari penyebab kecelakaan. Seperti diketahui, masinis yang mengemudikan ditemukan tak sadarkan diri dan terluka. Sementara dari segi sistem keselamatan, kereta yang bersangkutan mendapat kritik keras. Demikian juga dengan pelayanan kereta api setempat yang sering melakukan pemugaran.

Menjadi stasiun kereta tersibuk memang berat. Jika benar kecelakaan di Stasiun Hoboken murni kecelakaan teknis bukannya serangan teroris, masalah yang sama juga bisa terjadi pada stasiun kereta terpadat mana pun di dunia. Sebab, berbenah akan mengurangi perlintasan dan jumlah perjalanan yang bisa disediakan yang berujung mengganggu aktivitas pengguna angkutan umum.

Sebagai perbandingan, Sabtu (1/10/2016), berikut ini Okezone mengulas lima stasiun kereta tersibuk di dunia.

1. Stasiun Shinjuku (Tokyo, Jepang)

Dibangun pada 1885, Stasiun Shinjuku terhubung dengan banyak sekali jalur perlintasan kereta yang penting dan utama. Tidak heran jika pengguna moda transportasi massa ini mencapai 3,64 juta orang per harinya. Peronnya saja ada 36 jalur dan terhubung dengan 17 jalur kereta bawah tanah.

Mengikuti Shinjuku yang berada di urutan teratas, peringkat kedua sampai 23 stasiun kereta tersibuk di dunia masih berada di Jepang, dimulai dari Shibuya sampai Oshiage. Dalam daftar 100 stasiun kereta api tersibuk di dunia, 82 di antaranya ada di Jepang.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Howrah Junction (India)

Stasiun kereta tertua dan terpanjang di India ini terdiri dari 23 peron. Sejak dibuka pada 1854, stasiun ini sekarang melayani 600 kereta setiap harinya. Howrah Junction yang melayani rute perjalanan ke Kolkata itu tersambung dengan sedikitnya 1.219 stasiun kereta.

3. Gare du Nord (Paris, Prancis)

Hasil gambar untuk Gare du Nord

Berada di urutan kedua setelah Jepang, stasiun kereta tersibuk di dunia berada di Paris, Prancis. Stasiun Gare du Nord melayani lebih dari 190 juta orang per tahunnya. Dibuka pada 1864, stasiun kereta ini tidak hanya melayani akses perjalanan keliling negeri, juga bisa dibawa menembus Jerman, Belgia, dan Inggris.

4. Taipei (Taiwan)

Hasil gambar untuk Taipei  railway station

Stasiun kereta terpadat berikutnya ada di Taipei, Taiwan, dengan 138 ribu pengguna per harinya. Jumlah itu belum terhitung layanan kereta bawah tanah dengan 310 ribu penumpang setiap hari dan layanan kereta cepat yang ditumpangi oleh 73 ribu orang per hari.

Moda transportasi di stasiun ini juga menjadi favorit karena terhubung langsung ke bandara internasional Taiwan Taoyuan. Sudah beberapa kali dipugar, bangunan Stasiun Taipei sejatinya didirikan pada 1891.

5. Roma Termini (Italia)

Hasil gambar untuk Roma  Termini

Roma Termini dinobatkan sebagai stasiun kereta api tersibuk ke-29 di dunia, setelah Stasiun Kawasaki di Kanagawa, Jepang. Stasiun kereta api utama di Negeri Piza ini dapat juga melayani perjalanan ke Wina, Paris, Munich, dan Jenewa.

Stasiun kereta yang dibuka sejak 1862 ini memiliki 33 peron. Dengan jumlah pengunjung per tahun mencapai 150 juta orang.

Stasiun kereta tersibuk di dunia lainnya, antara lain Hamburg Central di Jerman, Zurich Main di Swiss, Stasiun Shanghai di China, Stasiun Seoul di Korea, Amsterdam Central di Belanda, dan London Waterloo di Inggris.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini