Share

Boneka Indonesia Bantu Anak Penderita Paralisis Serebral di Meksiko

MNC Media , Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2016 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 01 18 1503565 boneka-indonesia-bantu-anak-penderita-paralisis-serebral-di-meksiko-m0r9WJhPtV.jpeg Boneka Kebaya Jawa Indonesia dilelang dalam acara amal di Meksiko. (Foto: MNC Media)
A A A

SEBUAH boneka yang mengenakan baju tradisional kebaya Jawa sukses menyita perhatian pengunjung pada malam gala pelelangan boneka untuk membantu pengobatan penderita paralisis serebral di Meksiko.

Paralisis serebral tergolong penyakit menurun yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak. Penyakit ini bersifat kronik sehingga penderitanya memiliki kecacatan permanen pada bentuk wajah, pergerakan, dan kemampuan belajar.

Kegiatan amal yang diselenggarakan oleh Yayasan MGAS (Foundacion MGAS) pada 28 September 2016 di Hotel Marquis Reforma Mexico City tersebut melibatkan sejumlah perwakilan negara sahabat, termasuk Indonesia, melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mexico City. Acara ini didukung juga oleh Darma Wanita Persatuan KBRI Mexico City dengan mendandani sebuah boneka berpakaian khas Indonesia.

Boneka berkebaya Jawa tersebut dilelang bersama dengan 21 boneka lain yang mengenakan kostum dari Kuba, Singapura, Rusia, Jepang, Mesir, Lebanon, Filipina, Ekuador, Turki, Bolivia, Israel, Kolombia, Afrika Selatan, Uruguay, Brasil, Finlandia, Kanada, Argentina, dan Meksiko.

Tiga boneka berkostum Meksiko merupakan sumbangan dari kalangan sosialita Meksiko yaitu Salma Hayek, Silvia Rojo, dan Cristina Pineda.

Selain sebagai salah satu upaya untuk menolong sesama, keikutsertaan Indonesia dalam kegiatan amal tersebut juga bertujuan memperkenalkan Indonesia ke mata dunia. Dengan kata lain, untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Tanah Air sekaligus mempromosikan kebudayaan Nusantara kepada masyarakat Meksiko.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam kegiatan amal tersebut, nilai lelang boneka Indonesia mencapai 34.000 peso atau Rp22,8 juta. Sedangkan boneka berkostum Frida Kahlo, seorang pelukis ternama Meksiko, yang disumbang oleh artis Salma Hayek, berkontribusi terbesar dengan nilai lelang sebesar 410.000 peso atau Rp276 juta.

Sebelum kegiatan pelelangan dimulai, seluruh boneka dipamerkan terlebih dahulu di sebuah pertokoan mewah di Mexico City yaitu Palacio de Hierro pada 23-25 September 2016.

Pada malam gala tersebut, Yayasan MGAS berhasil mengumpulkan total dana sumbangan sebesar 1,775 juta peso atau Rp1,195 miliar.

Sementara Ketua Yayasan MGAS, Mari Rous Villegas Balmori, menyampaikan apresiasi tinggi kepada kedutaan besar dan perwakilan masyarakat internasional, termasuk Indonesia atas partisipasi dan dukungan dalam mendandani boneka dengan kostum asal negaranya.

Ia mengatakan, kegiatan amal tersebut tidak hanya akan memberikan kesempatan kepada anak-anak penderita paralisis serebral untuk sembuh, namun juga memberikan kesempatan bagi pencinta produk boneka merek “American Girl” untuk mengenal keragaman kostum dan pakaian khas dari berbagai negara.

Yayasan MGAS adalah sebuah yayasan sosial yang didirikan pada 2012. Setiap tahunnya, Yayasan MGAS menyelenggarakan kegiatan sosial khusus dengan menggalang dana sosial untuk membiayai pengobatan anak-anak penderita paralisis serebral di Meksiko.

Bentuk kegiatan sosial tahun ini adalah pelelangan boneka merek “American Girl” yang mengenakan kostum dan/atau pakaian tradisional mancanegara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini