Share

Program Ini Bisa Membuatmu Lulus Sarjana di Usia Muda

Iradhatie Wurinanda, · Sabtu 01 Oktober 2016 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 01 65 1503544 program-ini-bisa-membuatmu-lulus-sarjana-di-usia-muda-F9Qx7CXKIF.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Lulus sarjana di usia lebih muda dari seharusnya semakin tren di kalangan mahasiswa. Mereka memiliki berbagai alasan. Ada yang ingin cepat kerja, lanjut kuliah di jenjang berikutnya, atau karena ketidaksengajaan bisa lulus cepat.

Keinginan lulus di usia muda tersebut didukung dengan berbagai program yang tersedia di sekolah atau universitas. Secara umum, ada dua cara yang bisa dilakukan.

1. Akselerasi

Program akselerasi atau loncat kelas bisa dilakukan sejak menempuh pendidikan di tingkat sekolah dasar (SD). Program ini biasanya dilakoni oleh siswa yang memiliki kemampuan akademis yang baik sehingga mampu mengikuti dan mengejar materi pelajaran dengan cepat.

Kendati demikian, banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin mengikuti program ini. Sebab, siswa yang bersangkutan harus berkomitmen dan dituntut lebih giat belajar. Akselerasi di SMA misalnya, para pelajar harus mampu menyelesaikan studi selama dua tahun dari yang seharusnya tiga tahun. Berarti ada waktu bermain dan bersenang-senang yang harus dikorbankan.

Akselerasi juga ditawarkan di jenjang kuliah. Mahasiswa dapat menyelesaikan studi lebih cepat, seperti tiga tahun atau enam sampai tujuh semester saja. Mahasiswa yang mengambil program ini diminta menyelesaikan skripsi atau tugas akhir sembari menjalani perkuliahan.

2. Community college

Community college merupakan model sistem pendidikan dari Amerika Serikat (AS) yang mulai dapat dijalani di Indonesia. Bentuknya berupa perguruan tinggi dua tahun yang memberikan gelar associate (diploma), dan dapat ditransfer, serta disertifikasi.

Lulusan community college pada umumnya mentransfer ke masa studi empat tahun di universitas untuk program S-1. Spesialnya, mereka dapat mentransfer kredit-kredit yang telah diselesaikan di community college, sehingga dapat melengkapi program sarjana di universitas dalam waktu dua tahun.

Community college ini bisa dimulai sejak naik kelas XI SMA selama dua tahun. Setelah itu setidaknya pelajar sudah memiliki bekal kredit yang bisa ditransfer untuk lanjut S-1. Di Indonesia, beberapa institusi pendidikan telah menyediakan program ini. Biasanya, setelah menyelesaikan studi selama dua tahun di sini mereka diberi tawaran untuk lanjut kuliah, baik itu di kampus dalam negeri atau kampus luar negeri yang telah menjalin kerja sama dengan institusi tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini