Share

4 Jurus Jitu Menghadapi Suami atau Istri yang Pelit

Agregasi Minggu 23 Oktober 2016 00:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 320 1520991 4-jurus-jitu-menghadapi-suami-atau-istri-yang-pelit-LuHijnaysu.jpg (Foto: Halomoney)
A A A

DI dalam kehidupan rumah tangga yang bahagia, saling mencintai satu sama lain saja sebenarnya tidak cukup. Aspek keuangan biasanya menjadi salah satu hal yang bisa mempengaruhi keutuhan rumah tangga. Kesalahan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga bisa menyulitkan pasangan untuk mencapai kesejahteraan finansial rumah tangga.

Salah satu masalah utama yang sering dihadapi dalam kehidupan rumah tangga adalah jika pasangan kita pelit. Ada berbagai macam hal yang membuat pasangan kamu bisa disebut pelit. Misalnya jika suami sebagai pemberi nafkah hanya menyisihkan uang belanja bulanan sangat sedikit dibandingkan dengan biaya untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Jika terjadi kondisi seperti itu, coba ikuti beberapa jurus jitu menghadapi pasangan suami/istri yang terbilang pelit berikut ini:

1. Coba dulu dengan puji-pujian

Jika pasangan kamu lemah dengan pujian, maka cara ini akan cukup ampuh untuk melunakkan hatinya yang ‘beku’. Hargai apa yang menjadi kelebihannya. Contohnya; memuji suami/istri dengan mengatakan karirnya cepat melesat, atau memuji istri bisa dengan memuji kebaikan hati atau kerja kerasnya dalam mengatur urusan rumah tangga dan anak-anak.

2. Ajak bicara tentang komitmen keuangan di masa lalu

Membicarakan soal komitmen keuangan masa lalu akan berguna bagi pasangan. Ajaklah bicara baik-baik dan coba bicarakan soal komitmen keuangan di masa lalu tanpa menyinggung perasaan dia. Carilah apa yang menjadi penyebab perubahan sikapnya dan coba giring arah pembicaraan ke komitmen keuangan rumah tangga yang pernah dibuat. Misalnya komitmen untuk mencukupi pendidikan anak.

3. Berkepala dingin

Bila pasangan kamu tipe orang yang keras kepala atau mudah tersinggung, kamu tentu harus berhati-hati. Pastikan kepala kamu dingin dan ajak bicara pasangan kamu dalam kondisi di mana hatinya sedang senang atau tidak panas. Bicarakan baik-baik mengenai kondisi keuangan rumah tangga dan beberapa pengeluaran yang tidak perlu dilakukan.

4. Buat catatan pengeluaran dan anggaran

Jika kamu sudah mencoba untuk berbicara baik-baik tapi belum cukup ampuh, cobalah dengan menggunakan data. Buat daftar pengeluaran kalian dan jabarkan perkiraan bujet yang dibutuhkan ke depan. Setelah itu, kembali cari waktu lagi yang tepat untuk membicarakannya baik-baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini