Share

Perguruan Tinggi Evaluasi Lulusan Teknik Elektro

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 21 Oktober 2016 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 65 1521191 perguruan-tinggi-evaluasi-lulusan-teknik-elektro-EvJ5uyXCLz.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), lulusan perguruan tinggi perlu bersiap diri bersaing tak hanya di dalam negeri, tetapi juga di kancah internasional. Hal ini turut disiapkan bagi lulusan teknik elektro yang perkembangan ilmunya terus berkembang dari waktu ke waktu.

Bersama Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI), Universitas Dipenogoro (Undip) berkomitmen agar setiap perguruan tinggi mampu menyiapkan lulusan teknik elektro yang mampu bersaing. Oleh sebab itu, Dekan Fakultas Teknik Undip, M Agung Wibowo mengatakan, kurikulum pendidikan teknik elektro sudah semestinya diperbarui untuk menyesuaikan zaman.

"FORTEI memiliki peran penting dan strategis dalam menyiapkan, mengelola, dan melakukan evaluasi pendidikan tinggi bidang elektro. Apalagi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini para lulusan teknik elektro akan bersaing dengan tenaga kerja dari kawasan ASEAN," ujarnya dinukil dari laman Undip, Jumat (21/10/2016).

Dia mengungkapkan, selain kurikulum, dosen pendidikan elektro juga harus berinovasi guna menghadapi tantangan MEA. Terlebih, perkembangan ilmu teknik elektro sangatlah cepat.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua FORTEI, Arief Syaichu Rohman. Menurut dia, diperlukan strategi untuk mampu mengikuti perkembangan ilmu teknik elektro. Dalam seminar nasional teknik elektro, ucap dia, dibahas beberapa poin, seperti standar kurikulum serta penetapan capaian pembelajaran program studi.

"Hal ini digunakan untuk meningkatkan daya saing seluruh lulusan prodi teknik elektro seluruh Indonesia dan mempersiapkan lulusan dengan standar internasional," sebutnya. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini