Share

Kiat Sukses Berkarier di Bidang Seni

Iradhatie Wurinanda, · Sabtu 22 Oktober 2016 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 22 65 1521886 kiat-sukses-berkarier-di-bidang-seni-3nFTMkwFIT.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Profesi di bidang seni saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, semakin banyak anak muda yang sudah menunjukkan talentanya dengan menciptakan karya-karya yang luar biasa.

Fokus berkarier di dunia seni memang menyenangkan, namun juga menantang. Disitat dari Workitdaily, berikut ini beberapa tips untuk sukses berkarier sebagai seniman.

1. Manfaatkan Media Sosial

Mendapat karier di dunia seni jauh lebih mudah ketimbang menjual karya atau kreasi tersebut. Oleh sebab itu, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn menjadi platform terbaik supaya orang-orang bisa menemukan karyamu itu. Selain itu, gunakan media sosial tersebut untuk promosi. Jika suatu saat kamu butuh pekerjaan, media sosial juga ampuh sebagai tempat untuk mendapat rekomendasi.

2. Kerja Multitasking

Lantaran persaingan yang ketat di dunia kerja dan wirausaha, maka seniman bisa merasa kesulitan memperoleh uang jika hanya bergantung dari karyanya. Oleh sebab itu, kerja multitasking bisa dipertimbangkan. Misalnya, bekerja di sebuah perusahaan namun memanfaatkan waktu luang untuk kerja freelance. Langkah lainnya, yakni mendaftar pada suatu ajang untuk memperluas jaringan.

3. Mengikuti Acara Pameran

Menjual karya seni dengan hanya menaruhnya di rumah tentu tidak akan efektif. Meski sudah ada bantuan internet untuk mempromosikan karya, hal itu tidak cukup. Kamu harus tahu jadwal acara-acara lelang dan pameran untuk memperlihatkan karya sekaligus meningkatkan kemungkinan orang yang ingin membeli.

4. Buat Portofolio yang Mengesankan

Sebuah portofolio akan menggambarkan bakat dan talentamu. Tanpa portofolio yang bagus tak ada galeri atau perusahaan yang melirik karya dan skill senimu. Portofolio juga berguna supaya kamu mendapat pengakuan atas keterampilan yang dimiliki.

5. Melamar Kerja Secara Efektif

Sama seperti menjual karya seni, memperoleh pekerjaan di dunia seni juga tidak mudah. Jika kamu hanya mengirim e-mail atau resume ke berbagai organisasi, maka belum tentu kamu mendapatkan pekerjaan tersebut. Coba pakai strategi lain, seperti menjemput bola dengan memperkenalkan diri, berikut karya yang telah dibuat sebelumnya. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini