Share

Di Perbatasan RI-Papua Nugini, 86% Daerah Belum Teraliri Listrik

Dedy Afrianto , Okezone · Minggu 23 Oktober 2016 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 23 320 1522358 di-perbatasan-ri-papua-nugini-86-daerah-belum-teraliri-listrik-rkj26EGgKM.jpg (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Boven Digoel adalah salah satu daerah di Papua yang hingga saat masih belum disentuh oleh aliran listrik. Bahkan menurut Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop, saat ini hanya terdapat 14 persen daerah di kawasan tersebut yang dialiri oleh listrik. Sedangkan 86 persen lainnya belum diraliri listrik.

"Boven Digoel luasnya 27 ribu km persegi. Berbatasan langsung dengan Papua Nugini dengan panjang perbatasan 200 km. Ada 112 desa dan 20 kecamatan jauh dari terang. Baru 14 persen yang sudah terang atau 94 kampung belum terang," tuturnya di Jakarta, Minggu (23/10/2016)

Menurutnya, saat ini pemerintah pusat masih belum melakukan pembangunan secara merata. Hal ini terlihat dari ketimpangan pembangunan infrastuktur di Papua dan Jawa.

"Di Jakarta jembatan banyak sungai sedikit. Di Papua sungai banyak tapi jembatan sedikit," tuturnya.

Untuk itu, mengingat banyaknya sungai di kawasan tersebut, diusulkan pembangunan pembangkit listrik untuk mengunakan pembangkit listrik tenaga mikro hidro. PLN pun diminta untuk segera memanfaatkan potensi yang ada pada kawasan perbatasan Indonesia-Papua Nugini ini.

"Kami rencanakan 2017 untuk meningkatkan sumber daya listrik lewat tenaga air dan tenaga surya karena kami punya sungai yang banyak," tuturnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini