Share

Kulineran di Luar Negeri, Perhatikan 3 Etika Makan Ini

Devi Setya Lestari, Okezone · Selasa 25 Oktober 2016 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 24 298 1523318 kulineran-di-luar-negeri-perhatikan-3-etika-makan-ini-X58P8bMtW1.jpg Etika makan di sejumlah negara (Foto: Thinkstock)
A A A

MAKAN di negara sendiri pasti sudah hafal dengan kebiasaan makan yang diterapkan, berbeda dengan kebiasaan yang berlaku di luar negeri. Jika Anda berniat wisata kulineran ke luar negeri, pastikan Anda mengetahui etika makan yang berlaku. Dan jangan sampai memicu perhatian dengan hal konyol.

Dilansir dari FoxNews, Selasa (25/10/2016), berikut etika makan di luar negeri yang bisa jadi perhatian sekaligus jadi contekan ketika menyantap makanan di negeri orang.

Thailand, jangan menyuap makanan menggunakan garpu

Makanan di Thailand selalu disantap menggunakan sumpit, sendok atau disantap langsung menggunakan tangan. Jangan menyuap makanan menggunakan garpu karena alat ini di Thailand hanya digunakan untuk mendorong makanan ke sendok bukan ke mulut. Beberapa hidangan di Thailand Utara dan Timur justru banyak menggunakan tangan saat menyantap makanan.

Jepang, jangan menusukkan sumpit ke nasi

(Foto:Thinkstock)

Makan di Jepang banyak disantap dengan menggunakan sumpit. Tapi ada beberapa hal yang pantang dilakukan pada sumpit, salah satunya menusukkan sumpit ke nasi. Sebaiknya saat tidak digunakan, sumpit harus diletakkan sejajar di bagian bantalan sumpit yang biasanya terletak di samping mangkuk. Menusukkan sumpit pada nasi dianggap memiliki arti yang buruk, terutama soal kematian.

Timur Tengah, India dan Afrika, jangan makan menggunakan tangan kiri

(Foto:Thinkstock)

Di bagian India Selatan bahkan Anda tidak boleh sama sekali menyentuh piring makan menggunakan tangan kiri. Pasalnya tangan bagian ini identik dengan hal kotor. Tapi hal ini ada pengecualian bagi mereka yang kidal, ini diperbolehkan tapi tetap harus mengambil makanan menggunakan tangan kanan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini