Share

OTT Pejabat Kemenhub, Menhub: Saya Tak Lapor Jokowi

Dedy Afrianto , Okezone · Senin 24 Oktober 2016 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 24 320 1522653 ott-pejabat-kemenhub-menhub-saya-tak-lapor-jokowi-paosXgkRdQ.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, pegawai di lingkungan Kementerian Perhubungan terjerat dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT). Menariknya, OTT ini dilakukan setelah Presiden Joko Widodo melakukan rapat kabinet tentang pemberantasan pungutan liar.

Alhasil, Jokowi segera mendatangi lokasi di Kementerian Perhubungan. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya, OTT ini adalah murni dilakukan tanpa adanya rekayasa. Bahkan, tidak ada koordinasi sebelumnya dengan Jokowi terkait OTT yang dilakukan.

"Apa yang terjadi di OTT itu, itu jalan Tuhan, bukan maunya saja, saya tidak lapor Presiden, tidak lapor siapa- siapa," kata Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (24/10/2016).

(Baca Juga: Izin di Kemenhub Berbelit, Menhub: Bacanya Saja Malas)

Menurutnya, hal ini adalah suatu shock therapy bagi Kementerian Perhubungan. Namun, dengan kejadian ini dapat menjadi bahan pelajaran bagi Kementerian Perhubungan untuk dapat melakukan perbaikan sistem dan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita berusaha menjadikan apa yang terjadi pada saat OTT kemarin merupakan contoh shock theraphy yang membuat diri kita mengkoreksi diri kita. Memperbaiki diri kita kepada sesuatu yang lebih governance," tuturnya.

Sebagai bahan pelajaran, Kementerian Perhubungan pun menggandeng Indonesian Corruption Watch dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia. Kedua lembaga ini nantinya juga akan turut memberi andil bagi perbaikan sistem di Kementerian Perhubungan.

"Oleh karenanya hari ini Dirjen Laut melakukan upaya itu dan kiyta langsung mengaitkan dengan langkah satgas yaitu YLKI dan ICW. Kami berikan kesempatan pada ICW dan YLKI untuk bicara dan menyampaikan pesan-pesan. Kita memberikan kesempatan untuk semuanya berubah," tuturnya.

"Jadi ini program dari Dirjen. Kemarin Dirjen Darat sudah melakukan, sekarang Dirjen Laut, nanti selanjutnya Dirjen Udara dan Dirjen Kereta Api. Saya pikir saya berterima kasih kepada temen-temen semua karena proses self correction memang dilakukan oleh para dirjen dan jajarannya," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini