Share

Menko Darmin Tak Ingin Ekonomi Indonesia Dibandingkan dengan Negara Kecil

Dedy Afrianto , Okezone · Selasa 25 Oktober 2016 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 320 1524113 menko-darmin-tak-ingin-ekonomi-indonesia-dibandingkan-dengan-negara-kecil-yPSiSWr1ME.jpg Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Ekonomi Indonesia berhasil tumbuh positif di tengah krisis ekonomi global. Padahal, terdapat beberapa negara maju dan berkembang lainnya yang justru mengalami pertumbuhan ekonomi negatif.

Untuk itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, ekonomi Indonesia adalah salah satu yang terbaik di kawasan regional Asia Tenggara. Darmin tak ingin ekonomi Indonesia dibandingkan dengan negara kecil lainnya.

"Biasanya karena tetangga maka biasanya kita bandingkan dengan mereka. Namun sebetulnya pekerjaan rumah kira adalah kita harus bandingkan dengan negara-negara besar. Seperti Laos enggak cocok dibandingkan dengan Indonesia," kata Darmin di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Menurutnya, ekonomi Indonesia selama ini terbukti kuat untuk menghadapi gejolak ekonomi global. Bahkan, ekonomi Indonesia lebih unggul dibandingkan negara lainnya, seperti Rusia hingga Brasil.

"Tidak ada yang mampu bertahan dalam pusaran perlambatan ekonomi dunia. Bahkan Rusia, Brasil masuk ke area negatif. Afrika Selatan bahkan di ambang kesulitan yang lebih besar. Turki juga ada kesulitan politik," imbuhnya.

Saat ini, pemerintah memang tengah melakukan berbagai perbaikan berbagi kebijakan. Salah satunya adalah dengan memperketat pemberian subsidi. Dana subsidi pun dialihkan kepada sektor produktif sehingga mampu menjadi tameng bagi Indonesia untuk hadapi krisis ekonomi global.

"Yang dilakukan adalah penurunan subsidi besar-besaran. Di mana itu pada akhir 2014, pengeluaran subsidi bisa diturunkan secara besar-besaran dan dialihkan penggunaannya konsumtif ke produktif. Itu titik awal, di mana pengeluaran didorong ke pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini