Share

Terkait Laporan TPF Munir, SBY: Saya Bertanggung Jawab

Marieska Harya Virdhani , Okezone · Selasa 25 Oktober 2016 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 337 1523987 terkait-laporan-tpf-munir-sby-saya-bertanggung-jawab-HCSiFTZKux.jpg SBY saat konpers di Cikeas. (Foto: Marieska/Okezone)
A A A

BOGOR – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku bertanggung jawab dalam merespons tindak lanjut laporan Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir. Di masa kepemimpinannya, SBY mengaku sudah melakukan penegakkan hukum secara optimal.

“Saya sampaikan kepada rakyat Indonesia, berkaitan dengan tindak lanjut temuan dan rekomendasi TPF Munir, saya sebagai Presiden waktu itu beertanggung jawab. Saya pun sekarang sebagai mantan Presiden, saya bertanggung jawab atas apa yang kami lakukan dulu dalam menegakkan hukum kasus meninggalnya Munir dan lebih khusus di dalam merespons dan menindaklanjuti temuan serta rekomendasi TPF Munir,” katanya di Puri Cikeas, Bogor, Selasa (25/10/2016).

SBY mengatakan, kasus Munir adalah kejahatan internasional. Menurutnya, kejahatan yang mengakibatkan meninggalnya aktivis HAM Munir adalah kejahatan serius yang mencoreng demokrasi.

“Tidak pelak menjadi perhatian baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia. Oleh karena itu saya pastikan bahwa yang kami lakukan dulu adalah langkah tindakan yang juga serius, yang sungguh-sungguh,” tuturnya.

Utamanya, lanjut SBY, dalam konteks penegakkan hukum harus sesuai dengan batas-batas kewenangan seorang pejabat eksekutif, termasuk kewenangan yang dimiliki oleh para penyelidik, penyidik, dan penuntut.

“Jika masih ada yang menganggap sekarang ini keadilan sejati belum terwujud, saya katakan, selalu ada pintu untuk mencari kebenaran. Jika memang masih ada kebenaran yang belum terkuak. Saya ulangi, selalu ada pintu untuk mendapatkan atau mencari kebenaran yang sejati. Jika memang ada kebenaran yang belum terkuak,” paparnya.

SBY menutup pernyataannya dengan mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan pengungkapan kasus ini. “Oleh karena itu, saya mendukung langkah Presiden Jokowi jika memang akan melanjutkan penegakkan hukum ini jika memang ada yang belum selesai,” tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini