Share

Soal Pungli, Masinton: Enggak Mungkin Bersihkan Lantai Pakai Sapu Kotor

Reni Lestari , Okezone · Selasa 25 Oktober 2016 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 337 1524119 soal-pungli-masinton-enggak-mungkin-bersihkan-lantai-pakai-sapu-kotor-IJXsvliUG6.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)
A A A

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menekankan pentingnya pemimpin yang memiliki integritas dalam kerangka pemberantasan pungutan liar (pungli) yang sedang digalakkan pemerintah. Pemimpin yang bersih dan berintegritas diharapkan mampu menularkan komitmen pemberantasan praktik pungli ke semua bawahannya.

"Seluruh kementerian lembaga benar-benar harus dipimpin orang yang punya integritas tinggi, khusus di internal orang-orangnya punya komitmen untuk melakukan reformasi birokrasi," ujarnya dalam diskusi Redbons di Redaksi Okezone, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Ia juga berharap dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli dapat menggerakkan reformasi di tubuh lembaga penegak hukum. "Kita berharap betul supaya Saber Pungli bisa menggerakkan fungsi penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan," imbuh dia.

Menurutnya, pemberantasan pungli harus dimulai dari pembenahan di internal penegak hukum, khususnya kepolisian. Ia menggunakan perumpaan tidak mungkin membersihkan lantai jika memakai sapu yang kotor. “Engga mungkin membersihkan lantai kalau sapunya kotor,” ucap Masinton.

"Maka memang harus dibenahi di internal kepolisian, kita harus dukung ini semua untuk mempercepat upaya reformasi birokrasi, baik itu sistem, kultur dan mental," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini