Share

Temperatur Air Pengaruhi Tekstur Gelatin

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 26 Oktober 2016 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 26 298 1525272 temperatur-air-pengaruhi-tekstur-gelatin-edXjk8aWWk.jpg Tekstur gelatin (Foto: Bicyling)
A A A

GELATIN banyak digunakan untuk membuat olahan makanan yang bertekstur kenyal seperti jelly. Tapi ternyata tingkat kekenyalan gelatin dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya temperatur air.

Ditemui di Jakarta, Pastry Chef Beno Komarudin dari Hotel Intercontinental MidPlaza Jakarta mengatakan ketika merendam gelatin dalam air, suhu air yang digunakan sangat mempengaruhi tekstur gelatin saat ditambahkan ke bahan lainnya.

"Gelatin direndam dalam air dingin atau air biasa hasilnya akan jauh berbeda. Bagusnya pakai air dingin, tambah sedikit es batu saat perendaman," kata Chef Beno.

Pria yang sudah berkecimpung di dunia pastry selama lebih dari 20 tahun ini juga mengatakan selain teksturnya yang berbeda, temperatur air juga berpengaruh pada tingkat melekatnya gelatin pada bahan makanan. Selain teknik perendaman, saat menambahkan gelatin ke dalam bahan makanan juga harus memperhatikan timing yang pas.

"Ketika gelatin mau dicampurkan, pastikan suhunya sudah hangat. Jangan mencampur gelatin dalam bahan yang masih panas, rusak nantinya," pungkas Chef Beno.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini