Share

Indonesia-AS Duet Terbangkan F-16 di Manado Pekan Depan

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Kamis 27 Oktober 2016 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 18 1526215 indonesia-as-duet-terbangkan-f-16-di-manado-pekan-depan-N2lgUeIOiQ.jpg Jet tempur F-16 milik TNI AU. (Foto: tni-au.mil.id)
A A A

JAKARTA - Pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) Indo Defence siap digelar pada 2-5 November 2016 di Jakarta. Amerika Serikat (AS) dipastikan ambil bagian dalam gelaran tersebut.

Atase pers Kedutaan Besar AS untuk Indonesia John Johnson menyebut 14 hingga 15 perusahaan dan kontraktor Negeri Paman Sam akan terlibat.

"Beberapa perusahaan seperti Lockhead Martin yang membuat jet tempur F-16, Boeing, dan beberapa kontraktor pemerintah lainnya akan hadir," tutur pria berkepala plontos itu di @america, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2016).

Sayangnya, dalam ajang pameran alutsista tersebut, kapal perang AS tidak akan ambil bagian. Sementara, Rusia menurunkan kapal perangnya beserta senjata antikapal selam. Johnson tidak menyebut alasannya, tetapi menyebut akan ada latihan bersama antara Angkatan Udara AS dengan Angkatan Udara Indonesia.

"Akan ada latihan militer bersama di Manado pekan depan (1 November 2016) di Manado. Kedua negara akan sama-sama menerbangkan jet tempur F-16. Saya tidak tahu persis jumlahnya berapa, tapi Indonesia punya 26 F-16. Saya tidak tahu berapa banyak yang akan terlibat, yang pasti AS akan membawa F-16 dan F-18 dalam latihan itu," tutup Johnson.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini