Share

PBB: Konektivitas Energi Penting Bagi Pembangunan Berkelanjutan

ant , Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2016 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 320 1525645 pbb-konektivitas-energi-penting-bagi-pembangunan-berkelanjutan-6CaDU3I9BZ.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Konektivitas energi memiliki peran penting bagi dunia guna mencapai pembangunan berkelanjutan, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Ekonomi dan Sosial, Wu Hongbo, mengatakan pada Rabu.

Wu membuat pernyataan pada acara jamuan makan siang tingkat tinggi bertema "Pendirian Interkoneksi Energi Global dan Pencapaian Pembangunan Energi Berkelanjutan Seluruh Dunia".

Dia mencatat bahwa Tiongkok mengusulkan diskusi tentang mekanisme Interkoneksi Energi Global untuk memfasilitasi upaya-upaya memenuhi permintaan energi global dengan alternatif yang bersih dan hijau.

Dengan konsep baru dari konektivitas energi, Wu mengatakan sumber energi terbarukan, seperti angin, matahari dan air, di banyak negara berkembang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin bisa diubah menjadi keuntungan ekonomi untuk mempersempit kesenjangan regional.

"Seperti kita sekarang bergerak maju dengan konsep ini, satu hal, bagaimanapun, adalah jelas - akan ada tantangan - dalam pembiayaan, di sarana pelaksanaan, dalam inovasi, dalam menciptakan kerja sama global dan regional serta dalam menjembatani perbedaan," katanya.

Energi berkelanjutan adalah salah satu prioritas PBB di bidang pembangunan. Statistik PBB menunjukkan bahwa pangsa energi terbarukan dalam total konsumsi energi final di dunia telah meningkat secara perlahan, dari 17 persen pada 2000 menjadi 18 persen pada 2012.

Tahun lalu, negara-negara anggota PBB mengadopsi serangkaian tujuan global, dikenal sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan, yang bermaksud untuk menghilangkan kemiskinan, meningkatkan kesetaraan dan memerangi perubahan iklim.

Ada satu target tertentu yang meminta untuk memastikan akses ke energi yang terjangkau, handal, berkelanjutan dan modern bagi semua orang pada 2030.

Untuk mencapai target tersebut, Wu mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk mendorong kerja sama lintas sektor dan meningkatkan inovasi pada keuangan, teknologi, infrastruktur dan kemitraan guna memastikan semua orang dapat memiliki akses ke energi yang berkelanjutan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini