Share

Penerbit LKS SD Berkonten Narkoba Klaim Dinas Pendidikan Tahu Pengadaan Buku

Hambali , Okezone · Kamis 27 Oktober 2016 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 338 1525595 penerbit-lks-sd-berkonten-narkoba-klaim-dinas-pendidikan-tahu-pengadaan-buku-zZWqou3JYi.jpg
A A A

TANGERANG SELATAN – Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan dituding sebagai pihak yang turut bertanggung jawab atas beredarnya buku IPA kelas 5 SD yang berisi konten narkoba.

Pasalnya, pengadaan buku sekolah terbitan Bakti Ilmu (BI) itu sudah berlangsung sejak tahun lalu.Pengadaaan buku itu juga telah melalui koordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ciputat hingga Dinas Pendidikan Tangsel.

Pernyataan demikian diungkapkan salah seorang perwakilan penerbit Bakti Ilmu (BI), Masheri Mansyur. Dia mengungkapkan, sebelumnya pihak distributor sudah menemui UPT dan Dindik. Setelah mendapatkan lampu hijau, barulah buku itu dipasok ke berbagai sekolah SD di Ciputat dan Pondok Aren.

"Pengadaan buku LKS itu sudah dari tahun lalu, UPT sampai Kadis Pendidikan mengetahui peredaran buku tersebut," kata Heri, Kamis (27/10/2016).

Heri menyebutkan, ada permainan dari oknum pejabat Dindik Tangsel untuk mencari keuntungan materi atas peredaran buku-buku lembar kerja siswa (LKS) itu.

Apalagi, pengadaan buku sekolah gratis oleh Pemkot hanya isapan jempol dan tak kunjung terealisasi. Kondisi demikian membuat orangtua murid mau tak mau harus membelinya dari distributor-distributor buku LKS tersebut.

"Banyak oknum pejabatnya (Dindik) yang terlibat praktik jual beli buku sekolah. Semua tahu kondisi itu. Jadi, jangan hanya menyalahkan distributor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dindik Tangsel, Mathoda, menegaskan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan edaran yang melarang jual beli buku sekolah. Mengenai LKS kelas 5 SD berkonten narkoba yang marak beredar, pihaknya menyatakan baru mengetahui hal itu saat ramai diberitakan pada sejumlah media.

"Buku LKS itu beredar tanpa sepengetahuan dinas pendidikan. Akan kami tarik semuanya," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini