Share

Ajak Teladani Jenderal Sudirman, Anies: Beliau Tak Pernah Bentak-Bentak Orang

Prabowo , Okezone · Kamis 27 Oktober 2016 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 338 1525891 ajak-teladani-jenderal-sudirman-anies-beliau-tak-pernah-bentak-bentak-orang-w5QxKVftb7.jpg Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan berdoa di Makam Jenderal Sudirman di Yogyakarta (Prabowo/Okezone)
A A A

YOGYAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berziarah ke Makam Jenderal Besar Sudirmam di TMP Kusumanegara, Yogyakarta. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengajak agar pemimpin memcontoh keteladanan Jenderal Sudirman.

"Sebenarnya kita lebih ingin belajar, bahwa memimpin tegas itu bisa seperti Panglima Jendral Besar Soedirman. Saya ke sini mengajak bangsa Indonesia untuk melihat kepemimpinan beliau," kata Anies, Kamis (27/10/2016).

Menurut Anies, Jenderal Sudirman seorang guru yang dengan gagah berani melakukan perlawanan melawan penjajahan. "Kalau dipikir-pikir, beliau itu apa profesinya sebelum menjadi panglima ? guru, guru, sopan santun, berani, tegas, dan heriosmenya sampai sekarang," katanya.

Semasa hidup, Sudirman merupakan seorang pengajar. Dia melakukan perjuangan dengan memanggul senjata bersama tentara nasional kala itu. Meski dalam kondisi yang sakit, semangat perjuangannya tak mengenal lelah.

Begitu juga saat memimpin pasukan. Kepribadian Sudirman sangat bersahaja. "Beliau tak pernah bentak-bentak orang, tak pernah merendahkan orang, menghargai orang lain, keterdidikannya tercermin dalam perilakunya, dan keberaniannya tercermin dalam sikap dan keyakinannya," katanya.

Yang tak kalah penting, lanjut Anies, Jenderal Sudirman merupakan seorang yang sangat religius. Religiusnya tidak diekspresikan dalam bentuk yang mencekam orang lain, tapi justru dengan bersahabat.

"Saya datang ke sini mengajak bangsa Indonesia, mari kita lihat kepemimpinan beliau. Beliau adalah inspirasi dalam memimpin," tandasnya.

Anies juga sempat menemui ibundanya, Aliyah Baswedan untuk meminta restu sebelum ziarah ke Makam Jendral Sudirman. Setelah berziarah, Anies salat di Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta.

Lalu, Anies berkunjung di Bandaran Kali Code, tak jauh dari Masjid Syuhada. Tempat itu merupakan cikal bakal kawasan penataan daerah bantaran sungai di Yogyakarta.

Ia juga berziarah ke makam ayahnya Rasyid Baswedan di pemakamam UII Yogyakarta, Jalan Kaliurang, Sleman.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini