Share

1.471 Motor di Kotawaringin Barat Belum Dapat Pelat Nomor

Sigit Dzakwan, Sindo TV · Jum'at 28 Oktober 2016 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 15 1527094 1-471-motor-di-kotawaringin-barat-belum-dapat-pelat-nomor-IAY6W3pHkj.jpg Ilustrasi motor (Okezone)

KOTAWARINGIN BARAT – Sebanyak 1.471 sepeda motor di Kabupaten Kotawaringin Barat (kobar), Kalimantan Tengah, belum mendapat pelat nomor. Hal tersebut dikarenakan saat ini stok material pelat tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) sedang kosong. 

"Tak hanya pelat nomor untuk motor, mobil juga," tutur Kasat Lantas Polres Kobar AKP Asdini Pratama Putra, Jumat (28/10/2016).

Rata-rata sepeda motor yang tidak memiliki pelat adalah yang dibeli warga pada periode Januari–Oktober 2016. Namun, kata Asdini, dalam waktu dekat sebanyak 1.166 pelat nomor akan menjalani proses pencetakan. "Sisanya 305 pasang masih belum jelas kapan terbitnya," ucap dia.

Berdasarkan pantauan MNC Media di lapangan, banyak motor berlalu lalang di jalan dalam kota Pangkalan Bun tidak memiliki pelat nomor. Para pemilik kendaraan hanya memegang surat keterangan sementara bahwa motor belum memiliki pelat nomor yang diberikan oleh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) setempat.

Namun kondisi seperti ini membuat pengungkapan dan penanganan kasus kriminal jadi terkendala. Sebab dengan belum adanya pelat nomor cukup sulit membongkar kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

"Misal ada kasus curanmor, saat dalam tahap penyelidikan jadi sulit, karena pelat nomor belum ada meski ada surat STNK sementara. Kemudian misal kita mau kejar pelaku kriminal yang menggunakan motor tanpa pelat nomor juga akan lebih sulit melacaknya," timpal Kasat Reskrim Polres Kobar AKP Guntur Tri Bawono. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini