Share

Dialog 2+2 Indonesia-Australia Hasilkan Komunike Bersama

Agregasi Sindonews.com , Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2016 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 18 1526610 dialog-2-2-indonesia-australia-hasilkan-komunike-bersama-6XRBo7cQBb.jpg Ilustrasi. (Foto: Ist)
A A A

JAKARTA - Pertemuan Keempat Menteri Indonesia dan Australia di Bali mengadopsi menghasilkan Komunike Bersama. Komunike Bersama itu memuat sejumlah kerjasama Indonesia-Australia dalam sejumlah bidang.

Dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (28/10/2016), Komunike Bersama itu menyepakati kerjasama di bidang maritim, isu regional dan global, agenda Pasifik, serta arah hubungan luar negeri dan pertahanan.

Terkait kerjasama dalam bidang maritim, para menteri kedua negara menyepakati sejumlah hal salah satunya adalah patroli maritim terkoordinasi bilateral pada 2016. Para menteri juga bertukar pandangan tentang perkembangan terakhir, tantangan keamanan dan cara-cara untuk mendorong stabilitas di Laut Cina Selatan dan Laut Sulu.

Terkait isu global dan regional, para menteri kedua negara diantaranya menyepakati kerjasama dalam kontra terorisme dan berbagi data intelijen. Selain itu, Australia sepakat untuk mendukung visi Indonesia untuk menyediakan 4.000 pasukan penjaga perdamaian pada 2019. Para menteri juga membahas pendekatan umum untuk meningkatkan kerjasama terhadap penyelundupan dan perdagangan manusia.

Sedangkan terkait dengan agenda Pasifik, para menteri menjajaki kerjasama pembangunan dengan negara negara-negara Pasifik di wilayah praktis seperti tata pemerintahan yang baik, perubahan iklim dan usaha kecil dan menengah. Mereka berkomitmen untuk mendukung kepemimpinan Papua New Guinea (PNG) di APEC 2018 melalui kerjasama teknis yang akan dilakukan pada tahun 2017.

Sementara menyangkut arah masa depan hubungan luar negeri dan pertahanan, para menteri bersiap untuk menyambut peningkatan industri pertahanan dan kerja sama modernisasi militer. Para Menteri juga berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama keamanan di bidang keamanan cyber.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini