Share

Catat! Tidak Ada Keju Palsu, Ini Penjelasannya

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 28 Oktober 2016 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 298 1527090 catat-tidak-ada-keju-palsu-ini-penjelasannya-HScDgf5RBE.jpg Tidak ada keju palsu (Foto: Bristolraising)
A A A

KEJU merupakan salah satu hasil olahan susu yang banyak jadi bahan tambahan dalam masakan. Aroma, rasa hingga tekstur keju tak pernah gagal menggoda pecinta kuliner. Tapi pernah mendengar keju palsu?

Di Indonesia tengah heboh restoran dan kafe yang menawarkan makanan dengan pelengkap keju. Tapi banyaknya makanan dengan keju yang dibanderol dengan harga murah kerap jadi pertanyaan, keju yang digunakan apakah keju asli atau palsu. Chef Beno Komarudin selaku pastry chef sebuah hotel di Jakarta mengatakan tidak ada istilah keju palsu.

“Keju ya keju, tidak ada keju palsu. Mungkin yang ada adalah kualitas keju yang rendah. Sekarang di Indonesia banyak produsen keju lokal yang mengolah keju secara home industry, keju inilah yang bisa dibanderol dengan harga murah karena kualitasnya juga baru skala kecil,” beber Chef Beno saat ditemui di Jakarta.

Terkait keju berkualitas rendah ini, Chef Beno lanjut menjelaskan keju bisa dibanderol dengan harga murah karena jelas pasti kualitasnya dibawah keju produksi skala besar. “Produsen home industry ini membuatnya pakai susu lokal misalnya, kan kualitas susu lokal dengan susu di luar sana beda, jelas hasil kejunya juga akan beda baik dari aroma, rasa maupun tekstur,” lanjut pria ramah yang sudah berkecimpung di dunia pastry selama lebih dari 20 tahun ini.

Keju yang seperti ini dikatakan Chef Beno memang tidak banyak dijual di pasaran karena pemasarannya masih skala kecil dan sederhana. Kebanyakan dijual secara langsung, informasinya dari mulut ke mulut dan banyak yang dipasarkan lewat toko online.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini