Share

Rehabilitasi dan Rekonstruksi Akibat Gempa Harus Dipercepat

ant , Jurnalis · Minggu 11 Desember 2016 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 11 340 1564110 rehabilitasi-dan-rekonstruksi-akibat-gempa-harus-dipercepat-ZIcHidRa2h.jpg Warga kumpulkan barang-barang usai gempa melanda Pidie Jaya, Aceh. (Foto: Antara)
A A A

MEUREUDU – Bupati nonaktif Aceh Tengah, Nasaruddin, mengatakan proses rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, harus dipercepat.

"Masa tanggap darurat masih berlanjut terhitung sejak hari pertama gempa sampai 14 hari ke depan. Setelah itu rehap-rekonnya harus segera dilakukan," kata Nasaruddin di Pidie Jaya, Sabtu 10 Desember 2016.

Ia menceritakan pengalamannya tentang penanganan korban gempa ketika melanda Aceh Tengah pada 2013. Begitu terjadinya musibah lalu fokus pada masa tanggap darurat dengan berupa menyiapkan lokasi pengungsian yang baik dan bantuan sandang serta pangan yang memadai.

"Di posko pengungsian air bersih harus dipastikan tercukupi dan pelayanan kesehatan untuk para korban juga harus dioptimalkan," sarannya ketika mengantarkan sejumlah bantuan sembako seperti sandang dan pangan.

Selama masa tanggap darurat, katanya, diperlukan koordinasi yang baik dengan lintas sektor yang terlibat dalam penanganan korban gempa harus dilakukan berbarengan sampai berakhirnya masa tanggap darurat.

"Dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta masyarakat sangat baik saya lihat dan setelah masa tanggap darurat proses rehab rekon kalau bisa dipercepat," saran Nasaruddin.

Selain itu, ia menyarankan proses rehabilitasi fasilitas publik seperti rumah ibadah, sarana pendidikan, dan fasilitas kesehatan juga harus diutamakan agar pelayanan terhadap masyarakat segera pulih.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini