Share

Dewan Muslim Inggris: Mobil Van Itu Sengaja Tabrak Jamaah yang Keluar Salat Tarawih

Silviana Dharma , Okezone · Senin 19 Juni 2017 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 19 18 1719492 dewan-muslim-inggris-mobil-van-itu-sengaja-tabrak-jamaah-yang-keluar-salat-tarawih-ihD7XH4yLn.jpg Polisi pasang garis batas di lokasi kejadian perkara. (Foto: Reuters)
A A A

LONDON – Sebuah mobil van menabrak sejumlah pejalan kaki di utara London, Inggris. Insiden ini terjadi pada Senin 19 Juni 2017 dini hari waktu setempat di dekat Masjid Finsbury Park di Jalan Seven Sisters. Polisi menyebutnya sebagai insiden besar.

Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris, Huran Khan mengatakan pelaku secara sengaja mengarahkan aksi tidak bertanggung jawabnya kepada para jamaah yang baru saja pulang salat tarawih. Beberapa orang terluka, tetapi belum diketahui jumlah pastinya.

Pelaku yang beraksi sendirian itu sudah ditangkap. Meski begitu, polisi belum memberikan kepastian perihal kasus ini terorisme atau bukan.

Melansir BBC, Senin (19/6/2017), polisi mendapatkan laporan sekira pukul 02.00 waktu setempat. Setibanya di lokasi, orang-orang sudah tergeletak tak berdaya. Beberapa menjerit ketakutan dan membantu para korban.

“Semua orang berteriak ketika sebuah van menghantam orang-orang,” ujar seorang saksi mata.

Saksi mata yang tidak disebutkan namanya itu, menggambarkan mobil tersebut berwarna putih. Pelaku sempat berhenti di depan Masjid Finsbury Park, sebelum akhirnya melaju ke arah orang-orang yang baru saja keluar dari masjid usai ibadah.

Polisi datang tak lama setelah kejadian. Mobil polisi mengepung lokasi kejadian, demikian juga mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran.

“Sangat mengerikan melihat para polisi ini berupaya membuat jantung para korban yang tergeletak di lantai berdetak kembali. Mereka begitu putus asa untuk melakukannya. Saya harap mereka berhasil,” cuit seorang warganet bernama Cynthia Vanzella di Twitter.

Peristiwa mematikan kembali menghantui London, Ibu Kota Inggris. Sebelumnya, tiga serangan teror terjadi dalam waktu berdekatan di Negeri Ratu Elizabeth. Serangan pertama terjadi pada di Jembatan Wesminster yang berlanjut di gedung Parlemen Inggris pada Maret 2017. Serangan kedua terjadi belum lama ini ketika sebuah mobil van menabrak para pejalan kaki di Jembatan London dan berlanjut pada hari yang sama, penusukan di Pasar Borough.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini