Share

SPORTPEDIA: Sisa 6 Race, Michael Schumacher Sudah Juara F1 2002

Nanda Karlita, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 04 37 1824694 sportpedia-sisa-6-race-michael-schumacher-sudah-juara-f1-2002-jePLWCWY8u.jpg Michael Schumacher (Foto: AFP)
A A A

KIPRAH legenda balap Formula 1 (F1), Michael Schumacher, memang tak perlu diragukan lagi di ajang jet darat tersebut. Pembalap asal Jerman itu mampu mengoleksi tujuh gelar juara dunia saat memulai kariernya sejak 1996.

Memang Schumacher pernah vakum balapan selama tiga musim yakni pada 2007 hingga 2009. Namun, prestasinya memang tak pernah dilupakan bagi para penggemarnya. Torehan yang masih diingat adalah saat Schumacher menjuarai F1 2002.

(Baca juga: Tak Mampu Bersaing dengan Mercedes dan Ferrari, Ricciardo: Saya Tak Ingin Ulangi Kegagalan pada Musim 2018)

Mengendarai mobil Ferrari, Schumacher tampil gemilang. Menjalani 17 seri, pembalap yang kini berusia 48 tahun itu mampu mengoleksi 144 angka dengan total podium utama sebanyak 11 kali.

Bahkan Schumacher mampu memastikan gelar juara pada seri ke-11 atau dengan kata lain dengan menyisakan enam seri balapan. Selain mengoleksi 11 kemenangan, pada musimĀ  2002 itu, Schumacher tercatat tak pernah absen untuk meraih podium.

Selain 11 kali berdiri di podium tertinggi, Schumacher tercatat lima kali meraih posisi runner-up. Sementara di podium tiga, Schumacher mendapatkannya kala menuntaskan balapan di Malaysia, padahal sebelumnya ia mampu memulai balapan dari pole position.

(Baca juga: Ingin Perbanyak Balapan, F1 Tambahkan Miami Jadi Tuan Rumah Kedua GP Amerika Serikat)

Namun sayangnya, kiprah Schumacher di F1 tak bisa para penggemarnya nikmati sejak 2012 saat ia memutuskan untuk pensiun. Bahkan pada musim 2013, Schumacher harus mengalami kecelakaan saat bermain ski dan mengharuskannya koma selama hampir empat tahun.

Pemilik pole position terbanyak kedua di sepanjang sejarah F1 setelah Lewis Hamilton itu mengalami kecelakaan di kawasan pegunungan Alpen, Prancis. Akibat kecelakaan tersebut, Schumacher dikabarkan mengalami cedera pada otaknya dan sempat menjalani dua kali operasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini