Share

Penyebab Katarak Belum Ditemukan, Pemeriksaan Anak Asri Welas Terus Berlanjut

Miftahul Khoiriyah, Okezone · Selasa 05 Desember 2017 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 33 1825667 penyebab-katarak-belum-ditemukan-pemeriksaan-anak-asri-welas-terus-berlanjut-rvx9XcdpwM.jpg Asri Welas (Foto: Instagram)
A A A

DEPOK - Asri Welas belum bisa bernapas lega meskipun pengobatan katarak pada mata sang putra, Rayyan Gibran Ridha Rahardja telah berlangsung beberapa bulan lalu. Ia masih harus terus melakukan pemeriksaan demi tumbuh kembang dan kesehatan putra keduanya tersebut.

Sampai saat ini, penyebab adanya katarak pada bayi dengan sapaan Ibran tersebut juga belum ditemukan. Padahal pemeriksaan tak hanya dilakukan di rumah sakit Tanah Air namun juga Negeri Jiran, Malaysia.

(Baca Juga: Bersiap!, Sepultura Bakal "Bakar" Pencinta Rock Kota Medan)

(Baca Juga: Tampil di Malam Tahun Baru, Ruth Sahanaya Terima Bayaran Fantastis?)

Kendati demikian, Asri Welas memastikan kondisi sang putra baik-baik saja. Para dokter memberikan perhatian lebih dari cukup sembari terus mencari sebab adanya katarak pada mata bayi yang usianya belum genap satu tahun tersebut.

"Jadi mereka tetap pantau gitu. Dari mana sih kataraknya, masih dicari terus sampai sekarang. Karena kita tidak menemukan, belum menemukan. Jadi besok kita Senin ke dokter Damayanti, kita lihat lagi kita bedah dari hasil dari metabolik dari Malaysia. Karena beda artinya lain," ungkapnya di kawasan Depok, Jawa Barat pada Selasa (5/12/2017).

"Tapi perkembangannya so far para dokternya bilang enggak ada apa-apa cuma matanya saja. Penyebabnya, kan mesti tahu gitu lho. Kita sudah cari penyebabnya semua masih belum juga," imbuh Asri Welas.

Ibran memang mengalami hal cukup langka di usianya yang masih belia ini. Selain katarak, tak ada penyakit lain yang diderita oleh putra kedua Asri Welas tersebut. Namun hal itu justru membuat dokter bertanya-tanya karena terjadi secara tidak wajar.

Bayi dengan penyakit katarak biasanya diikuti dengan penyakit pada organ tubuhnya yang lain. Namun sampai sejauh ini, Ibran masih terlihat baik-baik saja dan tak ada organ tubuhnya yang terganggu.

"Jadi gini, Ibran ini salah satu yang langka, maksudnya gini, anak dengan katarak lahir itu biasanya karena turbulator atau pembawa yang lain. Misalnya seperti kayak ada dibarengi dengan telinga yang tidak mendengar, mungkin jantungnya bocor, atau kepalanya ada virus. Tapi Ibran tidak mengalami hal itu semua. Jadi kita sudah mencari, apakah dari metaboliknya pun ada, tapi di Malaysia sendiri sudah ada keluar tidak ada apa-apa," papar Asri Welas.

"Jadi ini justru kasus yang langka sekali. Maksudnya, mudah-mudahan tidak masuk dalam penyakit langka. Karena dalam penyakit langka itu ada sesuatu nanti diperkembangannya. Mudah-mudahan jangan. Untuk itu aku ke dokter Damayanti itu salah satu dokter yang menangani kasus kelainan metabolik anak. Jangan sampai ada ke situ. Karena yang kita sudah cek di metabolik, cek darah di Malaysia tidak ada indikasi itu," tutup wanita kelahiran Yogyakarta, 38 tahun silam tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini