Share

BWF Resmi Rilis Kalender untuk Turnamen Bulu Tangkis 2018

Nanda Karlita, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 06 40 1826010 bwf-resmi-rilis-kalender-untuk-turnamen-bulu-tangkis-2018-QAMsyFYCh0.jpg Logo BWF (Foto: laman resmi BWF)
A A A

KUALA LUMPUR – Federasi tertinggi bulu tangkis dunia (BWF) telah merilis versi terbaru penamaan untuk berbagai turnamen yang akan digelar pada 2018. Kali ini BWF membaginya ke dalam tiga tingkatan di mana tingkat kedua diturunkan lagi menjadi enam level berbeda.

Grade 1 diisi oleh turnamen kejuaraan dunia BWF, Piala Thomas & Uber, dan Piala Sudirman. Di grade 2 pada level 1 diisi oleh turnamen World Superseries Final. Hadiah utamanya pun akan naik dari USD1 juta menjadi USD1,5 juta atau sekira Rp20 miliar.

Level 2 ada tiga turnamen superseries premier yakni All England, Indonesia Open, dan China Open dengan total USD1 juta atau sekira Rp13,5 miliar. Ketiganya nanti akan dilabeli Premier of Premier yang sebelumnya menggantikan nama superseries premier.

Di level 3 ada lima turnamen yang total hadiahnya berjumlah USD700.000 atau sekira Rp9,4 miliar. Turnamen yang akan masuk ke dalam level ini merupakan lima turnamen yang tahun ini masuk di kelas superseries, Malaysia Open, China Open, Denmark Open, Prancis Open, dan Jepang Open.

Di level 4 diisi oleh beberapa turnamen level superseries di luar level 3 dan ada juga setingkat Grand Prix Gold (GPG). Lalu di level 5 ada turnamen GPG lainnya. Sementara di level terakhir ada turnamen selevel Grand Prix (GP).

Pada 2017 ada 12 event superseries dan superseries premier yang digelar sejak Januari hingga November. Lalu pada Desember, kedelapan pebulu tangkis yang memiliki prestasi terbaik di dua level tersebut akan bertandingan di World Superseries Final.

Namun, hal berbeda harus dijalani oleh para pebulu tangkis mulai 2018. Para pebulu tangkis ranking 15 besar dunia di nomor tunggal dan 10 besar dunia di nomor ganda harus menjalani setidaknya 12 event turnamen (superseries, superseries premier, dan atau di bawahnya) agar mudah untuk masuk ke dalam ranking Dubai Superseries Final di akhir tahun. Jika mangkir, mereka akan dikenakan sanksi oleh BWF.

Berikut kategori baru yang disusun oleh BWF mengutip dari Sportskeeda, Rabu (6/12/2017).

1. Grade 1: Major events (Olympics, World Championships, Thomas-Uber Cup Finals, Sudirman Cup)

2. Grade 2: World Tour

i) Level 1: World Tour Finals (erstwhile known as the World Superseries Finals).

ii) Level 2: All-England Championships, Indonesia Open and China Open (Premier of Premiers)

iii) Level 3: Malaysian Open, China Open, Denmark Open, French Open and Japan Open (Superseries Premier)

iv) Level 4: Malaysia Masters, Indonesia Masters, India Open, Thailand Open, Singapore Open, Korea Open, Hong Kong Open, (Superseries)

v) Level 5: Thailand Masters, Swiss Open, Spain Open, German Open, New Zealand Open, Australian Open, US Open, Chinese Taipei Open, Macau Open, Syed Modi International, Korea Masters (Grand Prix Gold)

vi) Level 6: Orleans Masters, China Level 6, Canada Open, Japan Masters, Russian Open, Vietnam Open, Hyderabad Open, Indonesia Level 6, Dutch Open, Bitburger Masters, Scotland Open (Grand Prix)

3. Grade 3: Continental circuit (International Challenge, International Series, Future Series)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini