Share

10 Oleh-Oleh Makanan Khas Indonesia, Bakpia Yogyakarta Paling Populer

Sindonews, Sindonews · Kamis 14 Desember 2017 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 14 298 1830364 10-oleh-oleh-makanan-khas-indonesia-bakpia-yogyakarta-paling-populer-tIc9e7J4vw.jpg Bakpia oleh-oleh khas Indonesia paling favorit (Foto:Hestikitchen)
A A A

MENYAMBANGI suatu daerah terasa kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut untuk dibawa pulang. Setiap daerah di Indonesia pun memiliki aneka ragam oleh-oleh makanan yang menjadi andalan. Bahkan di antaranya menjadi favorit kebanyakan wisatawan.

Apa saja buah tangan berupa makanan yang kerap dijadikan barang bawaan ketika kembali dari liburan. Berikut buah tangan makanan khas kota-kota di Indonesia terpopuler versi survei Litbang KORAN SINDO.

1. BAKPIA, Yogya (33%)

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat mendengar nama bakpia? Apalagi kalau bukan makanan khas Kota Yogyakarta. Awalnya bakpia hanya berisi satu variasi yaitu kacang hijau. Namun, kini isi bakpia dibuat lebih variatif yaitu coklat, keju bahkan durian.

2. PEMPEK, Palembang (14%)

Pempek merupakan kuliner khas dari Kota Palembang. Pempek terbuat dari ikan tenggiri, tepung, dan bumbu dapur lainnya. Ada berbagai macam jenis pempek yaitu pempek lenjer (berbentuk panjang), pempek kapal selam (dengan isian telur), pempek pustel atau pastel, pempek adaan, pempek kulit, dan pempek tahu. Makanan ini akan terasa sedap disantap bersama bumbunya berupa kuah cuka.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. LUMPIA, Semarang (12%)

 

Jika berkunjung ke Semarang, jangan lupakan Lumpia karena inilah oleh-oleh khas Ibu Kota Jawa Tengah ini. Lumpia adalah salah satu jenis makanan dari China. Lumpia berisi rebung dan daging (ayam dan udang). Rasanya yang gurih dan renyah menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Kota Atlas.

4. BIKA AMBON, Medan (10%)

 

Meskipun terdapat kata “ambon” dalam namanya, namun kue ini bukanlah berasal dari Kota Ambon Maluku. Bika ambon adalah makanan khas dari Medan, Sumatera Utara. Kue ini terlihat unik karena warnanya cerah yaitu kuning, permukaannya yang seperti pori-pori dengan bagian bawah kue yang keras. Rasanya yang legit, tidak begitu manis dan sensasi kenyal akan terasa menggoyang lidah.

5. PEUYEUM, Bandung (8%)

 

Peuyeum adalah salah satu makanan khas tatar Pasundan. Berdasarkan bahan dasarnya, Peuyeum dibedakan menjadi dua jenis, yaitu terbuat dari singkong dan yang terbuat dari beras ketan. Meskipun terbuat dari bahan berbeda, cara pembuatannya hampir sama yaitu difermentasikan.

6. BARUASA, Makassar (4%)

 

Kue kering khas daerah Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan ini memiliki bentuk bulat dengan cita rasa gurih. Meskipun terbuat dari bahan-bahan sederhana yaitu beras, gula pasir, kelapa dan telur namun Baruasa menghasilkan sensasi rasa yang menggugah selera. Camilan ini cocok disantap dikala sedang santai dan kapanpun.

7. WINGKO BABAT, Semarang (3%)

 

Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Rasanya yang manis dan gurih membuat para wisatawan tak bisa kembali tanpa membawa camilan ini sebagai oleh-oleh. Kue yang berbentuk bundar ini biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Cocok pula jika disajikan bersama dengan teh atau kopi hangat.

8. DODOL, Garut (3%)

 

Kota yang terkenal dengan kerajinan kulitnya ini memiliki beragam olahan makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Dodol adalah salah satunya. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukai camilan satu ini. Dodol Garut memiliki beberapa varian rasa berbeda dibanding dodol lainnya. Salah satunya adalah cokelat dodol yang merupakan coklat dengan isian.

9. PIE SUSU, Bali (2%)

 

Keindahan Pantai Kuta yang begitu populer hingga ke luar negeri, membuat Bali menjadi salah satu kota primadona wisatawan di Indonesia. Selain keindahan pantai dan alamnya, Bali juga memiliki kuliner khas dan bisa dijadikan oleh-oleh, kue pie susu salah satunya. Hampir mirip dengan egg tart dari Hong Kong, pie susu dari Bali ini memiliki bentuk tipis dengan cita rasa manis.

10. GETUK, Magelang (2%)

 

Makanan ringan ini mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Makanan berwarna-warni ini terbuat dari ketela pohon atau singkong. Getuk yang sudah jadi biasanya dihidangkan dengan parutan buah kelapa di atasnya. Bukan saja terbuat dari singkong, getuk juga bisa dibuat dari bahan dasar lain yaitu ubi, talas ataupun pisang. Berdasarkan teksturnya, terdapat dua jenis getuk, yaitu getuk biasa yang bertekstur kasar dan getuk lindri yang bertekstur lembut.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini