Share

Ukuran Gelas Wine Semakin Membesar Dalam 2 Dekade Terakhir

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Jum'at 15 Desember 2017 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 15 298 1830728 ukuran-gelas-wine-semakin-membesar-dalam-2-dekade-terakhir-WQVGQfwTrq.jpg Ilustrasi (Foto: iStock)
A A A

SADAR atau tidak, seiring berkembanganya zaman, ukuran gelas wine ternyata mengalami ‘evolusi’ atau perubahan ukuran. Para peneliti menyebutkan, perubahan ini disebabkan oleh meningkatnya konsumsi wine di seluruh dunia.

Menurut sebuah studi baru yang diterbikan BMJ, konsumsi wine di Inggris mengalami peningkatan empat kali lipat pada periode tahun 1960 dan 1980. Lalu meningkat lagi dua kali lipat antara tahun 1980 dan 2004.

Meski harga wine kini dijual lebih murah dan suplai barang pun cukup banyak, perubahan gelas wine juga disebabkan oleh peran marketing yang semakin berkembang. Penelitian ini melibatkan situs pencarian online dan para ahli barang antik. Tujuannya adalah untuk meneliti lebih lanjut ukuran gelas wine dari tahun 1700 hingga saat ini.

Para peneliti menemukan bahwa, dari tahun ke tahun, volume gelas wine terus meningkat. Pada awalnya gelas wine hanya bervolume 66 ml lalu meningkat menjadi 417 ml di tahun 2000-an. Perubahan ukuran ini ternyata terus berlanjut. Rata-rata gelas wine yang digunakan pada 2016-2018 bervolume 449 ml seperti dilansir dari Metro, Jumat (15/12/2017).

Penelitian terpisah juga dilakukan oleh Cambridge pada 2016 lalu. Mereka menemukan bahwa menyajikan wine dalam gelas berukuran besar, dipercaya dapat meningkatkan minat konsumen untuk mengonsumsi wine. Padahal, jumlah minuman yang dituangkan sama dengan gelas berukuran kecil. Namun siapa sangka, trik tersebut berhasil meningkatkan penjualan wine sekitar 10%, dan semakin menegaskan bahwa ukuran gelas menjadi hal yang sangat penting.

Baca Juga:

Dokter Zorana Zupan, penulis pertama studi ukuran kaca mengatakan, “Temuan kami menunjukkan bahwa ukuran gelas wine di Inggris meningkat secara signifikan selama 300 tahun terakhir. Meski prosesnya bertahap, tapi sejak tahun 1900-an, ukurannya meningkat dengan cepat.”

Belum dapat dipastikan apakah gelas wine berukuran besar menjadi salah satu faktor meningkatnya konsumsi anggur di Inggris. Tapi jika dilakukan perbandingan, segelas wine yang berasal dari tahun 1700 rupanya hanya dapat menampung setengah takaran dari total wine yang disajikan saat ini.

“Kami juga memiliki beberapa bukti yang menunjukkan jika ukuran gelas wine itu sendiri bisa mempengaruhi tingkat konsumsi,” pungkas Zorana.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini