Share

Indahnya Pantai Tanjung Silar Kembaran Loksyut Drakor "Descendants of The Sun" yang Viral di Sosmed

Subhan Sabu, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 406 1832161 indahnya-pantai-tanjung-silar-kembaran-loksyut-drakor-descendants-of-the-sun-yang-viral-di-sosmed-ByFM3FPaeL.jpg Pantai Tanjung Silar di Sulawesi Utara (Foto:Subhan/Okezone)


PANTAI Navagio adalah sebuah pantai yang terletak di Pulau Zakynthos, Kepulauan Ionia, Yunani. Pantai ini jadi lokasi syuting alias loksyut drama korea atau drakor "Descendants of The Sun" yang dibintangi oleh Song Joong-ki dan Song Hye-kyo.

Belakangan pantai yang terletak di pesisir barat laut Zakynthos, Munisipalitas Elation ini menjadi viral karena adanya lokasi yang mirip dengan pantai ini di Indonesia.

Ya, Pantai Navagio ini ternyata punya miniaturnya di Indonesia, tepatnya di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Tanjung Silar namanya.

Tanjung Silar berada di Desa Jiko, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Boltim tiba-tiba menjadi viral karena mempunyai kemiripan yang hampir sama dengan Pantai Navagio, sama-sama berpasir putih, dan air yang berwarna biru dan jernih.

BACA JUGA:

Tidak Biasa, Paus Francis Rayakan Ulang Tahun dengan Pizza

Selain itu juga untuk menuju ke lokasi Tanjung Silar harus menggunakan perahu, sama dengan Pantai Navagio, yang hanya dapat dijangkau dengan menggunakan kapal. Bersyukur Okezone punya kesempatan berkunjung Tanjung Silar yang lagi viral itu.

Dari Desa Jiko menuju Tanjung Silar kita harus naik perahu katinting milik nelayan setempat dengan hanya membayar Rp20.000 perorang kita akan diantar sampai di tempat tujuan. Untuk masuk tidak dipungut biaya, tergantung kerelaan dari pengujung saja sekadar memberikan uang kebersihan.

Turun dari perahu sebelum menuju Tanjung Silar, kita menginjakkan kaki di Pantai Patokaan yang tak kalah indahnya dengan Tanjung Silar. Berpasir putih dan air yang jernih, saking jernihnya, dasar lautpun bisa terlihat dari atas perahu.

Sepanjang Pantai Patokaan berjejer rapi kios milik warga yang menyediakan beraneka ragam makanan dan minuman sehingga kita tidak perlu khawatir akan kelaparan. Melewati beberapa kios, kita akan menemukan jalan yang sedikit menanjak menuju ke Tanjung Silar.

Sampai di atas, pemandangan menakjubkan tersaji di depan mata, terlihat dua tebing batu karang yang menjulang tinggi sekitar 20 meter, ditengah-tengahnya terlihat air laut berwarna biru nan jernih, itulah Tanjung Silar, miniatur dari Pantai Navagio.

 

"Sangat indah dan mempesona, airnya jernih dan berpasir putih," ujar Angel Rawis, salah seorang pengunjung asal Manado.

Untuk turun ke Tanjung Silar tidak terlalu sulit, selain ada tangga yang sudah disiapkan oleh pemerintah setempat juga ada susunan batu karang yang terbentuk secara alami mirip anak tangga.

"Serasa berada di Yunani, lihat syuting Descendants of the Sun," ujar Cici salah seorang pengunjung yang juga penggemar drama Korea.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tanjung Silar sendiri ditemukan oleh nelayan setempat yang langsung memberitahukan kepada Dinas Pariwisata Boltim bahwa ada tempat yang sanga indah yang cocok sebagai destinasi wisata di Boltim

"Kami langsung berkunjung ke tempat ini dan mulai mengekspos sejak bulan Juli kemarin di website kami dan diikuti oleh para pengunjung lain yang mengekspos ke media sosial sehingga sejak dua bulan belakangan menjadi viral," ujar Kepala Dinas Pariwisata Boltim, Rizky Lamaluta.

Setiap weekend hari Sabtu dan minggu, jumlah pengunjung yang datang di Tanjung Silar sekitar tiga ribu orang dan setiap harinya bisa sampai lima ribu orang yang datang berkunjung.

Ke depan, Dinas Pariwisata Boltim akan membangun fasilitas sarana umum di tempat ini seperti toilet, gazebo, dermaga apung, dan jalan setapak. "Sudah ada juga beberapa investor yang tertarik membangun di tempat ini, tinggal menunggu sampai sejauh mana keseriusan mereka," pungkas Rizky.

BACA JUGA:

Sambil Joget Seksi, Farah Quinn Bikin Mango Cheesecake yang Menggugah Selera

Untuk menuju ke lokasi Tanjung Silar menggunakan transportasi laut, belum ada jalan darat, sehingga saat musim angin utara bertiup, lokasi ini sulit dikunjungi karena ombak yang besar.

Dari Manado menuju Boltim berjarak sekitar tiga sampai empat jam perjalanan darat, selanjutnya menuju Desa Jiko sekitar 30 menit. Untuk menuju Boltim bisa ditempuh dengan tiga jalur, yang pertama lewat jalur Minahasa Tenggara (Mitra), yang kedua lewat jalur Minahasa Selatan (Minsel) dan yang ketiga lewat jalur Kota Kotamobagu.

Kalau Okezone menyarankan lewat jalur Minsel dan Kota Kotamobagu, karena Desa Jiko berada di ujung Kabupaten Boltim yang berbatasan dengan Kota Kotamobagu dan Juga Minahasa Selatan.

Lewat jalur Mitra juga bisa, tetapi harus ekstra hati-hati karena dari perbatasan Mitra - Boltim menuju Desa Jiko banyak jalan rusak dan tanah longsor bahkan ada juga jalan yang putus akibat longsor, apalagi dengan kondisi cuaca yang lagi ekstrim saat ini, perlu kewaspadaan ekstra.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini