Share

Kaka Pensiun, Ini Tribute yang Diberikan Para Mantan Klubnya

Hendry Kurniawan, Okezone · Senin 18 Desember 2017 03:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 51 1831889 kaka-pensiun-ini-tribute-yang-diberikan-para-mantan-klubnya-HzHArY70Fr.jpg Ricardo Kaka (AFP)
A A A

ORLANDO – Tahun 2017 merupakan tahun yang bermakna banyak di dunia sepakbola. Pasalnya, sejumlah pemain top dunia memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun di tahun ini. Setelah sebelumnya Andrea Pirlo dan Francesco Totti memutuskan untuk pensiun sebagai pemain, kali ini giliran mantan bintang AC Milan, Ricardo Izecson dos Santos Leite, atau yang lebih dikenal dengan nama Kaka.

Kaka resmi pensiun pada usia 35 tahun setelah kontraknya bersama Orlando City berakhir. Pensiunnya Kaka sebagai pemain memang bukan suatu yang mengejutkan, mengingat sebelum ini ia sempat ditawari posisi dalam struktur manajemen AC Milan.

(Baca juga: Ricardo Kaka Resmi Gantung Sepatu)

Sepanjang kariernya sebagai pesepakbola, Kaka hanya membela empat klub saja. Pria berkebangsaan Brasil itu memulai karier profesionalnya di tanah kelahirannya. Merupakan hasil didikan akademi sepakbola Sao Paulo, Kaka menembus tim utama pada 2001.

Dua tahun mencatatkan penampilan gemilang bersama Sao Paulo, Kaka pun dilirik AC Milan dan hengkang ke klub asal kota mode itu pada 2003. Bersama Milan inilah pemain religious itu menapaki puncak kariernya.

Selama berkarier di Milan, Kaka turut mengantarkan klub berjuluk Rossoneri itu memenangkan Liga Italia, Liga Champions, Piala Super Italia, Piala Super Eropa, serta Piala Dunia Klub. Bahkan, pada 2007 Kaka dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa dan mendapat trofi Ballon d’Or.

Sukses bersama Milan, Kaka pun direkrut klub raksasa Spanyol, Real Madrid, pada 2009. Meski penampilan Kaka di Madrid tak bisa dikatakan sepenuhnya buruk, namun apa yang orang-orang harapkan darinya terasa tidak terbayarkan. Hasilnya, Kaka pun hengkang ke Orlando City pada 2014 dan menghabiskan karier di sana.

Kini, setelah mengumumkan pensiun, klub-klub yang pernah disinggahi Kaka pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pemain yang telah turut memberikan keindahan permainan ke dalam tim mereka itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini