Share

Ingin Gigi Putih Alami? Coba Rutin Makan Apel, Nanas dan Stroberi!

Tiara Putri, Okezone · Selasa 19 Desember 2017 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 19 194 1832721 ingin-gigi-putih-alami-coba-rutin-makan-apel-nanas-dan-stroberi-5sJovxHP39.jpg Ilustrasi (Foto: Greenarea)
A A A

KEBIASAAN minum kopi dan merokok apabila berlangsung dalam jangka panjang dapat memengaruhi warna pada gigi. Gigi akan berubah menjadi kuning. Hal ini tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Maka tak heran bila beberapa orang memilih untuk bleaching gigi guna mengembalikan warna putihnya.

Sayang, biaya yang dikeluarkan untuk pergi ke dokter gigi dan melakukan bleaching lumayan mahal. Daripada harus merogoh kocek dalam hanya untuk memutihkan gigi, lebih baik Anda menggunakan cara alami. Melansir Eating Well, Selasa (19/12/2017), berikut sejumlah makanan yang dapat memutihkan gigi secara alami;

Apel

Mengunyah apel hampir sama seperti menggosok gigi. Apel mengandung asam malat dengan konsentrasi tinggi. Kandungan itu sering digunakan pada sejumlah merek pasta gigi. Menurut sebuah penelitian di University of Grenada, Spanyol pada 2013, asam malat berfungsi untuk meningkatkan air liur sehingga membantu membersihkan gigi Anda dan menghilangkan noda.

BACA JUGA:

Nanas

Buah berwarna kuning muda ini mengandung senyawa bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi dan pembersihan. Nanas termasuk buag yang secara alami mengandung senyawa tersebut. Menurut sebuah penelitian di International Journal of Dental Hygiene, bromelain adalah bahan yang efektif untuk menghapus noda.

Stroberi

Seperti apel, stroberi juga mengandung asam malat, dan mereka mendapat manfaat tambahan dari ellagitannin, antioksidan yang dapat membantu mengurangi bakteri dan pembengkakan noda di mulut Anda. Dan, vitamin C stroberi dapat membantu mencegah peradangan gusi dan penyakit periodontal.

Kismis

Banyak orang yang beranggapan kismis adalah makanan yang buruk karena rasa manisnya yang lengket. Akan tetapi, kandungan gula pada kismis sebenarnya sangat protektif. Konsumsi kismis yang telah dihancurkan bersama sereal dapat membersihkan mulut dengan lebih cepat. Selain itu, mengunyah kismis dapat merangsang air liur yang membantu mencegah terjadinya plak, noda, dan gigi berlubang dari makanan dan bakteri penghasil asam.

Brokoli

Kandungan serat yang tinggi pada brokoli bukan hanya bermanfaat bagi sistem pencernaan, tetapi juga bisa memutihkan gigi. Hal itu lantaran serat mengurangi peradangan di mulut, membantu membersihkan dan memoles gigi, serta menyediakan dinding perlindungan bagi gigi dari bakteri yang menghasilkan asam untuk merusak email gigi. Tentunya manfaat tersebut membantu mencegah noda dan gigi berlubang. Ada baiknya brokoli dikonsumsi secara mentah.

Keju

Keju mengandung kalsium, fosfor, dan protein yang membantu menjaga gigi tetap kuat dan melindungi enamel gigi. Asam laktat pada keju memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan gigi. Mengonsumsi keju yang keras dapat membantu membersihkan gigi dengan merangsang air liur.

BACA JUGA:

Air

Minum air putih sepanjang hari mendorong produksi air liur. Di mana salah satu manfaatnya adalah membantu gigi tetap berwarna putih seperti mutiara. Selain itu, air putih juga membantu membersihkan mulut dari sisa makanan dan plak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini