Share

Van Gaal Sarankan Blind Pindah ke Barcelona

Ramdani Bur, Okezone · Minggu 24 Desember 2017 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 24 51 1835307 van-gaal-sarankan-blind-pindah-ke-barcelona-nKOQNRhdD3.jpg Blind (kiri) disarankan Van Gaal hengkang ke Barcelona. (Foto: AFP/Oli Scarff)
A A A

AMSTERDAM – Mantan pelatih Manchester United Louis van Gaal memberi saran kepada eks anak asuhnya, Daley Blind. Ketimbang bertahan di Man United, Van Gaal menyarankan Blind agar hengkang ke Barcelona. Menurut pelatih berusia 66 tahun itu, bersama Blaugrana –julukan Barcelona, potensi Blind akan lebih bermanfaat.

LvG –sapaan akrab Van Gaal– tahu benar potensi Blind. Selain pernah menanganinya di Tim Nasional (Belanda), LvG merupakan sosok yang memboyong Blind dari Ajax Amsterdam ke Manchester United pada musim panas 2014.

Sewaktu ditangani Van Gaal (2014-2016), Blind merupakan pemain andalan Manchester Merah. Akan tetapi semenjak tampuk kepelatihan diambil alih Jose Mourinho, pesepakbola berusia 27 tahun itu lebih banyak duduk di bangku cadangan. Bahkan di Liga Inggris 2017-2018, Blind baru empat kali mentas.

BACA JUGA: Mourinho Sindir Kualitas Pemain Manchester United seperti Anak-Anak

Karena itu ketimbang sia-sia di Man United, Van Gaal menyarankan Blind hengkang ke Barcelona. Mengapa Barcelona? Gaya permainan Blind yang piawai mengalirkan bola dinilai cocok dengan pola racikan Ernesto Valverde bersama Barcelona.

Selain itu, Van Gaal juga paham betul kultur Barcelona. Ia pernah dua periode menangani Barcelona. Sebut saja pada 1997-2000 dan 2002-2003. Total selama menangani Barcelona, pelatih berpaspor Belanda itu menyabet empat trofi, dua di antaranya merupakan gelar Liga Spanyol.

BACA JUGA: Man United Tertahan di King Power Stadium

“Daley Blind lebih baik pindah ke Barcelona, ketimbang bertahan di Man United. Saat ini ia bahkan terkadang tak berada di bangku cadangan Man United (tak dibawa Mourinho ke pertandingan). Daley bisa bermain di banyak posisi dan itu sangat cocok untuk Barcelona,” kata Van Gaal mengutip dari Metro, Minggu (24/12/2017).

“Saya pikir Daley lebih cocok bermain di Barcelona. Gaya permainannya lebih cocok untuk diterapkan di Spanyol ketimbang di Inggris. Ia bisa beroperasi sebagai bek tengah dan memulai serangan dari belakang. Selain itu juga dapat dimainkan di posisi gelandang bertahan, wing back dan banyak lagi,” tutup Van Gaal yang dipecat Man United di akhir musim 2015-2016 itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini