Share

Resolusi Hidup Sehat di Tahun Depan, Coba Kurangi Konsumsi Gula!

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Selasa 26 Desember 2017 04:34 WIB
$detail['images_title']
Diet gula (Foto: Smartfertilitychoice)

PERNAHKAH Anda mendengar kalimat “New year, new me” yang begitu popular diucapkan banyak orang saat mendekati pergantian tahun? Ya, kalimat tersebut banyak dituturkan oleh beberapa orang dengan alasan ingin menjadi pribadi yang baru di tahun yang baru. Tentunya menjadi lebih baik dengan cara mengubah gaya hidup.

Sebagai manusia, sudah menjadi naluri bahwa kita selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik, termasuk dalam meningkatkan kualitas hidup. Seperti yang kita tahu, untuk meningkatkan kualitas hidup, kita harus berusaha untuk mencapainya. Yuk, lakukan resolusi kesehatan di bawah ini agar kualitas hidup jadi lebih baik, sebagaimana telah dilansir dari Boldky, (26/12/2017).

Resolusi 1: Membatasi konsumsi gula

Banyak dari kita secara sadar atau tidak sadar mengonsumsi banyak gula setiap hari. Baik di dalam teh manis hangat yang kita minum tiap pagi maupun di sepotong kue yang biasa kita cemil di siang hari. Makanan-makanan manis tersebut yang tanpa sadar akan memberi dampak pada kesehatan kita di jangka panjang. Maka dari itu, mulai detik ini batasi gula yang akan dikonsumsi, ya!

Resolusi 2: Sering bermain teka-teki

Banyak dari kita telah meninggalkan permainan teka-teki seperti TTS (teka-teki silang), Sudoku, atau permainan lainnya yang memengaruhi kerja otak. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa memainkan permainan tersebut secara teratur dapat menjaga agar sel otak tetap aktif dan mencegah degenerasi sel otak, sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer, demensia, dan lain-lain.

Resolusi 3: Hilangkan kebiasaan buruk

Mengatakan ingin berhenti merokok, meminum minuman keras, mengonsumsi obat-obatan terlarang memang lebih mudah daripada mempraktikkannya. Padahal, kebiasaan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan di jangka panjang. Dan, ingat! Belum bisa dikatakan sebagai pribadi baru jika masih setia dengan kebiasaan buruk tersebut., ya.

Resolusi 4: Kelola stress dengan baik

Stres adalah salah satu akar penyebab sejumlah penyakit yang dialami orang banyak saat ini, baik secara psikologis maupun fisiologis. Mengalami stres memang wajar, tetapi kita harus bisa mengeelolanya dengan baik. Mengelola stres bisa dilakukan dengan cara bermeditasi, mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan serotonin di otak, melakukan kegiatan yang disuka, dan lain-lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)